Dewan Pers

Dark/Light Mode

Lagi, 3 Pasien Omicron Meninggal, 2 Gejala Berat 1 Gejala Ringan

Kamis, 27 Januari 2022 18:41 WIB
Ilustrasi varian Omicron (Foto: iStock)
Ilustrasi varian Omicron (Foto: iStock)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap, ada tiga tambahan pasien Omicron yang meninggal dunia. Ketiganya sempat dirawat di ICU. 

Ketiga pasien tersebut dirawat di RS Sari Asih Ciputat, RS Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, dan RS Jantung Harapan Kita. 

"Ada tiga orang yang meninggal. 30 persen kasus meninggal adalah orang yang belum divaksin," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (27/1).

Berita Terkait : Awas, Kena Omicron Gejalanya Bisa Berat

Ketiga pasien Omicron yang meninggal dunia itu adalah M (64), MS (54), KSK (78). Dua di antaranya mengalami gejala berat, dan satu gejala ringan.

Kasus meninggal dunia ini hanya melibatkan satu pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), yang datang dari Belanda. Dua sisanya, merupakan kasus transmisi lokal. 

Sebelumnya, pada 22 Januari lalu, Kementerian Kesehatan melaporkan dua kasus meninggal dunia pertama.

Berita Terkait : Wapres Ingatkan Transmisi Lokal Omicron Meningkat Signifikan

Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso

Kedua pasien tersebut memiliki riwayat penyakit komorbid. 

Dengan tambahan 3 kasus kematian akibat Omicron pada hari ini, maka total kematian akibat varian anyar Covid menjadi 5 orang. [HES]