Dark/Light Mode

Terjunkan 1.994 Praja Ke 34 Provinsi

IPDN Kemendagri Bantu Warga Terdampak Pandemi

Jumat, 28 Januari 2022 07:25 WIB
Praja  IPDN  bersama  tenaga  kesehatan,  TNI-Polri  dan  Pemerintah setempat,  menggelar  vaksinasi  Covid-19  bagi  lansia,  di Kuin Utara,  Kecamatan Banjarmasin Utara,  Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (27/1). (Foto: Istimewa)
Praja IPDN bersama tenaga kesehatan, TNI-Polri dan Pemerintah setempat, menggelar vaksinasi Covid-19 bagi lansia, di Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (27/1). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kegiatan yang digelar di seluruh Indonesia sejak 17 Januari sam pai 5 Februari 2022 itu, sekaligus harus mampu mengiden tifikasi potensi dan menangani masalah. Sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/kelurahan dan meramu solusi untuk masalah yang ada di daerah tersebut.

Menurut Hadi, BKP difokuskan untuk pengabdian kepada masyarakat, supaya dapat mengasah soft skill kemitraan, kerja sama tim lintas disiplin keilmuan, lintas kompetensi dan leadership praja utama dalam mengelola program pembangunan di desa/kelurahan dalam bingkai kepemimpinan kepamongprajaan.

Hadi mencontohkan, kegiatan BKP di Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca juga : Jadi Tersangka KPK, Eks Dirjen Kemendagri Belum Ditahan Karena Sakit

“Di daerah ini, praja IPDN membantu Pemerintah Daerah (Pemda) terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan prokes. Itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron di Kelurahan Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota, Kalimantan Barat, dan ikut mengedukasi masyarakat untuk vaksinasi,” jelasnya.

Kegiatan dilakukan, lantaran masih ada masyarakat yang takut dan memandang negatif vaksinasi Covid-19. Selain itu, praja juga membagi kan sembako kepada warga kurang mampu terdampak Covid-19.

Sedangkan, di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, para abdi negara ikut mensosialisasikan dan membantu petugas kesehatan melamukan vaksinasi Covid-19.

Baca juga : Jawab Tudingan Anggota DPR, Ini Klarifikasi Pengusaha Batu Bara Tan Paulin

Sebagai hadiah, masyarakat yang sudah divaksin pun diberikan bingkisan sembako. Tak hanya penanganan Covid-19. Praja juga ikut mengedukasi dan membantu masyarakat mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM di berbagai daerah.

UMKM dinilai sangat terdam pak oleh pandemi Covid-19 hingga mengancam kelangsungan bisnis banyak pelaku. Meski seluruh lapisan masyarakat terdampak Covid, tetapi penyela mat an UMKM sangat penting bagi perekonomian.

Dicontohkannya, di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pelaku UMKM merasa terbantu dengan kehadiran praja IPDN. Sebabnya, mereka membantu strategi pemasaran melalui digital marketing dalam pemasaran makanan khas Kabupaten Bangka. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.