Dark/Light Mode

Khofifah Turun Tangan Beresin Masalah Rasisme Di SMAN I Pakusari Jember

Sabtu, 29 Januari 2022 20:52 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa nyanyi bareng para siswa Papua peserta program Adem di SMAN I Pakusari, Jember, Sabtu (29/1).
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa nyanyi bareng para siswa Papua peserta program Adem di SMAN I Pakusari, Jember, Sabtu (29/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun membantu menangani persoalan rasisme, yang terjadi antara guru dengan siswa asal Papua dengan mengunjungi SMA Negeri 1 Pakusari di Kabupaten Jember, Sabtu (29/1).

Masalah ini bermula dari seorang guru berinisial EBP, yang menyebut salah satu siswa asal Papua peserta program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) dengan sebutan "Si Hitam" di dalam kelas. Gara-gara siswa yang bersangkutan tidak mengerjakan tugas.

Baca juga : Kemendagri Turun Tangan Mediasi Perbaikan Jalan Rusak Di Kudus

"Kita bersama-sama di SMAN Pakusari karena ada penyampaian kata-kata yang kurang tepat. Ada kekhilafan dari seorang guru kepada siswa. Sang guru sudah menyampaikan permohonan maafnya, dan siswa yang bersangkutan. Masalahnya selesai," kata Khofifah kepada sejumlah wartawan di SMAN Pakusari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (29/1).

Khofifah menjelaskan, kedatangannya ke SMAN Pakusari adalah untuk memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan seperti semula dan berjalan dengan baik, setelah kejadian tersebut.

Baca juga : KKP Tangkap Kapal Ikan Asal Malaysia Di Selat Malaka

"Kepala sekolah sudah menyampaikan bahwa persoalan itu sudah selesai, karena sang guru sudah minta maaf dan murid juga memaafkan. Sehingga, saya berharap kejadian itu tidak terulang kembali," tuturnya.

Khofifah mengatakan, guru yang bersangkutan akan diberi tugas ke tempat lain. Agar tercipta suasana kondusif di SMAN 1 Pakusari, yang memberi ruang belajar mengajar secara baik. Termasuk, peserta program Adem asal Papua seiring dengan harapan dan cita-cita mereka.

Baca juga : Turun Gunung, KSP Kasih Masukan Supaya Operasi Pasar Migor Efektif

Dalam kesempatan itu, Khofifah menemui 10 siswa dan siswi asal Papua, kemudian mengajak menyanyi bareng lagu daerah Papua. Sekaligus memberi hadiah kaos jersey timnas sepakbola Indonesia.

Gubernur Khofifah yang didampingi Bupati Jember Hendy Siswanto dan Kapolres Jember AKBP Herry Purnomo beberapa kali mengajak para siswa asal Papua untuk mengibarkan bendera Merah Putih. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.