Dark/Light Mode

Mau Obat Dan Vitamin Gratis Saat Isoman, Ini Alurnya...

Senin, 31 Januari 2022 09:00 WIB
Presiden Jokowi mengajak masyarakat menggunakan layanan telemedicine. (Foto: Instagram/Satgasperubahanperilaku).
Presiden Jokowi mengajak masyarakat menggunakan layanan telemedicine. (Foto: Instagram/Satgasperubahanperilaku).

 Sebelumnya 
“Kurangi beban kesehatan, dan untuk efektivitas, gunakan telemedicine agar tidak membebani fasilitas kesehatan,” imbau @amriltg.

Menurut @ddgunone, masyarakat yang terinfeksi Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri, tetap dapat memperoleh obat dan vitamin gratis melalui platform telemedicine.

Menurut @poisons, caranya dengan langsung mengakses 17 layanan telemedicine.

Baca juga : Ada Layanan Booster Vaksinasi Gratis Untuk Masyarakat Umum Di Senayan City, Ini Syaratnya

“Di antaranya: Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, ProSehat,” beber @poisons.

Menurut @bandungpemkab, untuk saat ini, layanan telemedicine di 17 platform baru tersedia di Jabodetabek. Dia berharap, layanan ini secepatnya tersedia di daerah-daerah lainnya.

“Layanan telemedicine dapat mengurangi beban fasilitas kesehatan, mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit,” kata @KareenNona.

Baca juga : Yang Sudah Vaksin Lengkap Aja Tumbang, Apalagi Yang Belum...

Akun @lawancovid19_id menjelaskan alur untuk mendapatkan layanan telemedicine Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Yaitu, diawali dengan melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem Kemenkes.

Jika hasilnya positif, lanjut @lawancovid19_id, pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes (dengan centang hijau) secara otomatis. Atau, bisa juga dengan memeriksa NIK secara mandiri di situs isoman.kemkes. go.id, lalu ikuti petunjuk selanjutnya.

“Hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan), yang akan mendapatkan obat dan vitamin gratis,” kata dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.