Dark/Light Mode

Mau Obat Dan Vitamin Gratis Saat Isoman, Ini Alurnya...

Senin, 31 Januari 2022 09:00 WIB
Presiden Jokowi mengajak masyarakat menggunakan layanan telemedicine. (Foto: Instagram/Satgasperubahanperilaku).
Presiden Jokowi mengajak masyarakat menggunakan layanan telemedicine. (Foto: Instagram/Satgasperubahanperilaku).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengajak masyarakat menggunakan layanan telemedicine (layanan medis jarak jauh) ketika terpapar Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan, demi mengurangi beban rumah sakit.

Satgasperubahanperilaku mengunggah dua meme berkaitan dengan penggunaan layanan telemedicine bagi orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Pertama, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak panik dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Presiden juga mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas yang tidak mendesak dan menjaga kesehatan diri sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas.

Baca juga : Ada Layanan Booster Vaksinasi Gratis Untuk Masyarakat Umum Di Senayan City, Ini Syaratnya

“Pemerintah menyiapkan telemedicine untuk hadapi lonjakan kasus Covid-19,” tulis Satgasperubahanperilaku.

Meme kedua, gedung rumah sakit disertai dengan informasi tentang layanan telemedicine. Disebutkan, tidak semua kasus Covid-19 membutuhkan layanan kesehatan secara langsung.

Antara lain, positif tanpa gejala isolasi mandiri di rumah selama 5 hari. sedangkan positif dengan gejala batuk, pilek, demam agar menggunakan layanan telemedicine ke Puskesmas atau dokter terdekat.

Baca juga : Yang Sudah Vaksin Lengkap Aja Tumbang, Apalagi Yang Belum...

Dia menjelaskan, layanan telemedicine adalah pemberian pelayanan medis jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Dengan memanfaatkan telemedicine bagi pasien tanpa gejala atau dengan gejala ringan, beban fasilitas kesehatan dapat terkurangi,” jelasnya.

Satgasperubahanperilaku juga meminta masyarakat selalu disiplin protokol kesehatan, mengurangi mobilitas yang tidak mendesak, menjalani pola hidup bersih dan sehat. Serta mengikuti program vaksinasi agar dapat memutus penularan Covid-19.

Baca juga : GERAK BS Lakukan Pengobatan Gratis Untuk Korban Erupsi Semeru

Akun @Revenge008 menyarankan masyarakat yang positif Covid-19 tanpa gejala melakukan isolasi mandiri. Tidak semua kasus Covid-19 membutuhkan perawatan di rumah sakit (RS).

“Gunakan layanan telemedicine ke Puskesmas atau dokter terdekat bila ada gejala demam, batuk, pilek. Ingat prokes dijaga,” sarannya.

Saran serupa dilontarkan @nur_kamila98. Kata dia, pasien positif Covid-19 tanpa gejala agar melakukan isolasi mandiri di rumah selama 5 hari. Bila ada gejala batuk, pilek, demam, dapat menggunakan layanan telemedicine atau ke Puskesmas atau dokter terdekat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.