Dark/Light Mode

Duet Anies-Ridwan Kamil

Tak Mustahil, Juga Tak Mudah

Rabu, 2 Februari 2022 08:36 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (kiri) dan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan (kanan). (Foto: Instagram/@ridwankamil @aniesbaswedan)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (kiri) dan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan (kanan). (Foto: Instagram/@ridwankamil @aniesbaswedan)

 Sebelumnya 
“Apabila nanti MK mengabulkan gugatan presidential threshold menjadi nol persen, sangat mungkin minimal lima pasangan calon,” paparnya.

Namun, bila para penggugat PT tak punya alasan yang cukup kuat meyakinkan hakim MK, bukan berarti duet Anies-RK tamat. Kans mereka untuk dilirik partai yang punya kursi di DPR masih cukup besar. Meskipun, kedua Gubernur ini bukan kader partai.

“Bukan hal mustahil juga mengingat Anies-RK memiliki kedekatan dengan partai politik, misalnya PKS dan NasDem,” tutup Bawono mencontohkan.

Baca juga : Jadi Dewan Penasihat, Ridwan Kamil Siap Berkontribusi Di ICMI

Sejauh ini, hubungan Anies maupun RK dengan sejumlah partai politik terbilang mesra. Baik dengan partai yang ada di koalisi pemerintahan, maupun partai di luar pemerintahan. Luar-dalam, oke.

NasDem misalnya. Meskipun belum secara eksplisit mendeklarasikan dukungan, partai yang dikomandoi Surya Paloh ini kerap menyanjung Anies. Bahkan condong membela DKI 1 itu setiap dihantam lawan-lawan politiknya.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali menilai duet Anies-RK ini cukup diperhitungkan. Apalagi, akunya, kedua Gubernur tersebut selama ini punya kedekatan dengan partainya.

Baca juga : Ridwan Kamil Resmikan Tol Cisumdawu Seksi 1, Dibuka Pagi Ini

Tapi, kendalanya satu. Belum ada partai yang secara terbuka menyatakan dukungan untuk duet maut ini. “Masalahnya partai mana yang mau mendukung?” tanya Ahmad Ali.

Sejauh ini, baru RK yang berani secara terbuka mendeklarasikan diri siap maju di Pilpres 2024. Ia juga membuka peluang untuk melamar jadi kader PAN.

Sementara Anies, masih malu-malu kucing saat ditanya soal duet dengan RK di Pilpres mendatang.

Baca juga : Sudah Seperti Keluarga, PAN Ajak Ridwan Kamil Masuk Partai

“Saat ini saya masih menuntaskan semua program di Jakarta, semua janji di Jakarta. Setelah itu semua selesai, baru memikirkan fase berikutnya,” kata Anies, usai menghadiri acara PPP DI Yogyakarta di Bantul, DIY, Senin (31/1) lalu. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.