Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Omicron, Kapolri Minta Percepatan Booster Serta Akselerasi Vaksinasi Lansia Dan Anak

Kamis, 3 Februari 2022 14:14 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan seorang lansia saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi serentak se-Indonesia, di Balairung Budi Utomo, Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/2). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan seorang lansia saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi serentak se-Indonesia, di Balairung Budi Utomo, Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/2). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meninjau akselerasi percepatan vaksinasi serentak se-Indonesia, di Balairung Budi Utomo, Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/2).

Sigit tak sendirian. Ikut juga memantau, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kasum TNI Letjen Eko Margiyono.

Dalam kesempatan itu, Sigit mengungkapkan, akselerasi vaksinasi ini menargetkan sebanyak 1.419.110 dosis. Jumlah itu terdiri dari vaksin dosis satu, dua, dan tiga atau booster.

"Kegiatan hari ini kita laksanakan vaksinasi serentak di 34 provinsi dengan target hari ini 1.419.110. Kemudian di wilayah Depok sendiri khususnya tempat ini 2.500 khusus vaksin ketiga atau booster," ujar Sigit dalam tinjauannya.

Baca juga : Tangkal Omicron, Kapolri Minta Percepatan Booster Dan Akselerasi Vaksinasi Lansia-Anak

Mantan Kabareskrim itu meminta seluruh stakeholder untuk terus melakukan akselerasi vaksinasi. Di tengah masuknya varian Covid-19 jenis Omicron, Sigit juga mengimbau untuk melakukan percepatan vaksin kepada masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) dan anak-anak. "Karena varian Omicron memang berjangkit ataupun menular di segala usia," ingat eks Kapolda Banten tersebut. 

Oleh karenanya, Sigit menekankan, kepada masyarakat khususnya untuk saat ini yang ada di Jabodetabek untuk mengikuti vaksin booster, apabila suntikan dosis keduanya sudah enam bulan. Hal itu, menurut Sigit, dapat meningkatkan imunitas terhadap virus Covid-19 varian Omicron.

"Sehingga tentunya satu-satunya yang bisa kita lakukan untuk menghadapi varian yang ada adalah dengan mengikuti vaksinasi. Jadi yang sudah enam bulan dari vaksin kedua, khususnya di wilayah Jabodetabek, silahkan ikuti vaksin booster," ajak Sigit.

Selain Jabodetabek, akselerasi vaksinasi juga akan dilakukan di wilayah lain, di Tanah Air. Sigit mengingatkan pentingnya proses sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya pencegahan maupun antisipasi varian Omicron melalui suntikan vaksin dosis tiga itu. "Mohon untuk terus diinformasikan kepada masyarakat," pintanya.

Baca juga : Cegah Corona, Kemenkop UKM Gelar Vaksinasi Booster ASN

Sigit menyampaikan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah membuat aturan-aturan soal pasien yang terjangkit virus Corona. Warga yang positif Covid-19 dengan gejala sedang dan berat, akan dirawat di rumah sakit yang telah disiapkan.

Sedangkan, pasien yang gejala ringan maupun tanpa gejala diperbolehkan untuk melakukan karantina di rumah dengan syarat pengawasan ketat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

"Sehingga kemudian, bisa diikuti dengan Puskesmas terdekat terkait dengan obat-obat yang harus dikonsumsi. Sehingga bisa cepat sembuh," ucap Sigit.

Yang terpenting saat ini, diingatkan Kapolri, masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktivitas sehari-harinya. Saat ini, katanya, penerapan prokes sudah kendor. Terutama, dalam memakai masker.

Baca juga : Tinjau Lokasi IKN, Kapolri Ingin Pastikan Proses Pembangunan Berjalan Lancar

"Tolong kali ini diingatkan kembali bahwa seluruhnya terutama untuk kegiatan yang memiliki interaksi tinggi, tempat kerumunan tolong betul-betul gunakan masker," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.