Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemulihan Pasca Erupsi Semeru Terus Digenjot, Warga Happy

Kamis, 10 Februari 2022 08:30 WIB
Para Personel TNI tengah mengairi lokasi pengungsian yang kesulitan mendapatkan air bersih
Para Personel TNI tengah mengairi lokasi pengungsian yang kesulitan mendapatkan air bersih

RM.id  Rakyat Merdeka - Personel TNI Batalyon Zeni Tempur 10 Divisi 2 Kostrad dan Batalyon Zeni Tempur 5/Arati Bhaya Wighina terus melakukan upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di kawasan terdampak.

Hal ini merupakan arahan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa seperti dilihat dari kanal YouTube Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca juga : Partai Gurem Terancam Gagal Usung Capres

Saat ini, para personel tersebut tengah mengerjakan pembukaan lahan untuk relokasi para warga yang mengungsi. Sebab mayoritas tempat tinggal mereka rusak akibat lava erupsi Gunung Semeru. Bantuan alat berat berupa dua unit excavator dan lima buldoser diturunkan untuk bekerja siang dan malam demi pembukaan lahan.

"Untuk pekerjaan kami sangat bangga dengan TNI bahwa TNI memperlakukan operatornya dengan excavator nya siang dan malam," ujar pengawas relokasi lahan pengungsian, Syafi'i, Kamis (10/2).

Baca juga : Bappenas Kaget, Warganet Heran

Bantuan dan penanganan terus dilakukan untuk mengembalikan kondisi lokasi-lokasi yang terdampak dari lava letusan Gunung Semeru.

Dalam penanggulangan tersebut, lahan seluas 85 hektare disiapkan untuk relokasi. Bahkan, telah dilakukan pengerjaan pembukaan lahan seluas 40 Hektare yang selesai dalam waktu tujuh hari.

Baca juga : Wapres Minta NU Terus Genjot Kolaborasi Dan Inovasi

Tak hanya itu, para personel TNI juga melakukan pembersihan jalan di Desa Kamarkajang dan Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Membersihkan rumah warga, membuat saluran air, serta melakukan penebalan tanggul penyekatan untuk mengarahkan aliran lava. Distribusi air bersih juga dilakukan kepada warga yang berada di lokasi pengungsian.

"Terimakasih kepada Batalyon Zeni Tempur 10 Divisi 2 Kostrad dan Batalyon Zeni Tempur 5/Arati Bhaya Wighina yang telah membantu kami untuk pengadaan air bersih, sehingga kami dan rekan-rekan yang ada di pengungsian dapat terpenuhi semua kebutuhan air," ujar salah seorang pengungsi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.