Dewan Pers

Dark/Light Mode

Habis Kontak Erat Dengan Yang Positif Covid, Langsung Isoman

Senin, 14 Februari 2022 09:00 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri.(Foto: SHUTTERSTOCK).
Ilustrasi isolasi mandiri.(Foto: SHUTTERSTOCK).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingginya laju penularan Covid-19 varian Omicron membuat waswas. Bahkan, kontak erat dengan Orang Tanpa Gejala alias OTG sering kali tak terhindarkan. Jika itu terjadi, segera lakukan tes Covid-19 dan langsung isolasi mandiri (isoman).

Akun @perupadata mengungkapkan, orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 harus tetap melakukan karantina/isoman selama 5 hari. Meski, hasil tesnya dinyatakan negatif. Hal ini mengingat adanya masa inkubasi virus.

“Sementara mengutip CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat), bagi yang positif perlu isolasi selama 5 hari, atau harus dilanjutkan jika masih ada gejala, plus 5 hari kemudian menghindari bepergian,” ungkap @perupadata.

Berita Terkait : Jaga Kebugaran, Pemain Persija Positif Covid-19 Juga Dapat Menu Latihan

Akun @duplicat3account menjelaskan, definisi isoman. Kata dia, isoman berarti tidak kontak dengan siapa pun sedapat mungkin. Bahkan, dengan orang rumah.

“Setelah 5 hari mungkin maksudnya sudah boleh dilonggarkan. Tapi sedapat mungkin jangan kontak dengan orang luar dulu sampai hari ke 10,” jelas dia.

Akun @zahranadara bercerita tentang pengalamannya sebagai tracer. Kata dia, tidak semua orang mempunyai pemahaman, kesadaran dan kemauan untuk di-tracing Covid-19. Dia bilang, boro-boro untuk swab, mereka yang positif saja banyak yang tidak mau isoman.

Berita Terkait : 7 Orang Positif Covid-19, Komisi Informasi Pusat WFH

“Jadi, untuk tracing kontak erat itu menurut saya masih sangat dibutuhkan,” katanya.

Akun @Quch·17 mengajak orang dengan kontak erat segera melakukan tes dan menjalani isoman. Waktu yang baik untuk tes setelah kontak erat adalah secepatnya. Kalaupun hasilnya negatif, tetap harus isolasi sampai 5 hari.

“Habis itu baru tes lagi, dan kalau negatif, baru boleh beraktivitas lagi,” tuturnya.

Berita Terkait : 17 Pegawai Positif Covid, Kejari Jakpus Lockdown Sampai Minggu

Menurut @ExxceL150, ada tiga hal yang harus dilakukan bagi orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19. Yaitu, segera lakukan karantina/isolasi mandiri, lapor ke Puskesmas terdekat dan lakukan swab PCR atau Antigen.

“Jangan panik, tetap patuhi protokol kesehatan (prokes),” sarannya.
 Selanjutnya