Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kelompok Milenial: Kepemimpinan Erick Mirip Jokowi

Rabu, 16 Februari 2022 16:44 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja. (Foto: Setpres)
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga Penggerak Milenial Indonesia (PMI) M Taufik menilai, terdapat banyak kemiripan antara Menteri BUMN Erick Thohir dengan Presiden Jokowi. Menurut Taufik, kemiripan Erick meliputi banyak hal. Mulai dari kinerja, kepemimpinan, hingga cara menyelesaikan persoalan.

“Walaupun secara background berbeda, tapi beberapa hal keduanya banyak kesamaan,” ujar Taufik, Rabu (16/2). 

Erick, kata Taufik, selalu mengedepankan akhlak di atas segalanya. Hal itulah yang membuat Erick selalu mendapat tempat di hati masyarakat.

Baca juga : Lembaga Masyarakat Adat Papua: Indonesia Butuh Kepemimpinan Moeldoko

Taufik menambahkan, selain akhlak, Erick juga dekat dengan masyarakat. Seperti Presiden Jokowi, kedekatan Erick dengan masyarakat dikarenakan upayanya dalam membuat program yang manfaatnya bisa langsung dirasakan rakyat. “Karena menempatkan akhlak di atas segalanya, wajar jika Pak Erick senantiasa mendapatkan tempat di hati masyarakat,” imbuhnya.

Soal kinerja Erick, Taufik menegaskan, tak perlu diragukan lagi. Bahkan, beberapa kali Erick mendapat apresiasi langsung dari Jokowi atas kinerjanya. "Pak Erick adalah salah satu menteri terbaik yang dimiliki Presiden Jokowi," ungkap Taufik.

Taufik menilai, kemiripan kinerja Erick dengan Jokowi lantaran keduanya merupakan orang lapangan. Seseorang yang paham dan mengerti akan persoalan yang langsung dihadapi masyarakat. Jadi, solusi yang ditawarkan pun langsung mampu menjawab persoalan yang sedang dihadapi masyarakat.

Baca juga : Rangnick Minta Bantuan Psikolog

"Pak Erick itu tipe orang lapangan. Banyak action. Sama seperti Pak Jokowi," imbuhnya.

Di sisi lain, kata Taufik, kinerja Erick dalam beberapa survei selalu memuaskan masyarakat. Erick mampu menjawab persoalan dengan solusi konkret. Taufik menilai, keberpihakan Erick kepada masyarakat juga merupakan cerminan dari Jokowi. "Dekat dengan rakyat, dan selalu berbuat yang terbaik untuk masyarakat," tuturnya. 

Terlebih, kata Taufik, Erick sangat berperan aktif dalam menggerakkan anak muda. Khususnya dalam bidang ekonomi. "Kedekatan Pak Erick dengan anak muda hampir tidak ada jurang pemisah. Saking dekatnya beliau dengan para pemuda," terangnya. 

Baca juga : Cak Imin Dinilai Punya Kesamaan Visi Dengan Jokowi

Di sisi lain, tambah Taufik, Erick juga tidak mencari muka kepada masyarakat. "Pak Erick tahu posisi. Beliau mampu mempromosikan dirinya sebagai menteri pembantu presiden. Jadi, beliau tidak banyak tingkah." 

Taufik beserta pihaknya akan mengawal dan menjadi partner kritis Pemerintah dalam menerjemahkan program program untuk mencapai visi Presiden Jokowi. "Kami akan kawal penuh sebagai upaya kami dalam membantu Pemerintah mewujudkan Indonesia maju," pungkasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.