Dark/Light Mode

Survei NEW INDONESIA

Prabowo-Puan Pasangan Terkuat Pilpres 2024

Rabu, 16 Februari 2022 21:02 WIB
Simulasi Capres-Cawapres oleh NEW INDONESIA Research & Consulting. (Foto: Istimewa)
Simulasi Capres-Cawapres oleh NEW INDONESIA Research & Consulting. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dalam bursa Calon Presiden (Capres) 2024. Lalu siapakah figur Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang paling layak mendampingi Prabowo?

Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan Ketua DPR Puan Maharani muncul sebagai figur cawapres terkuat. Bersama dua capres terkuat lainnya yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dilakukan simulasi terhadap sosok-sosok perempuan yang kerap meramaikan bursa capres.

Selain Puan, figur lainnya adalah Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa. Hasilnya, Prabowo meraih elektabilitas tertinggi dalam setiap simulasi, baik berpasangan dengan Puan, Risma, maupun Khofifah. Elektabilitas tertinggi diraih pasangan Prabowo-Puan mencapai 55,4 persen.

Baca juga : PDIP-Gerindra Unggul, PSI Tembus 5,5 Persen

Dalam simulasi tersebut, pasangan Ganjar-Khofifah menyusul sebanyak 32,3 persen dan Anies-Risma 9,8 persen. Simulasi yang lain menunjukkan pasangan Prabowo-Khofifah unggul sebesar 43,8 persen dan Prabowo-Risma 35,4 persen.

"Prabowo selalu unggul dalam simulasi capres-cawapres, dan Prabowo-Puan menjadi pasangan paling kuat didukung publik," ungkap Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (15/2).

Menurut Andreas, unggulnya Puan tidak lepas dari endorsement dari jajaran elite PDIP, di mana Puan dianggap sebagai figur regenerasi kepemimpinan Megawati. Rendahnya elektabilitas Puan jika dibandingkan dengan Risma maupun Khofifah pun tidak jadi masalah.

Baca juga : Sahabat Ganjar Cek Elektabilitas Ganjar Pranowo Jelang Pilpres 2024

Elektabilitas Puan tetap cukup tinggi ketika disandingkan dengan Anies (33,3 persen), atau bahkan dengan Ganjar (32,3 persen). "Puan kerap dikontraskan dengan Ganjar yang memiliki elektabilitas jauh di atas Puan," lanjut Andreas.

NEW INDONESIA Research & Consulting juga melakukan survei terhadap dukungan publik terhadap kepemimpinan perempuan. Hasilnya, mayoritas perempuan menyatakan tidak keberatan Indonesia dipimpin oleh presiden ataupun wakil presiden perempuan.

"Pasangan Prabowo-Puan bisa menjadi harapan publik sebagai pemimpin nasional," pungkas Andreas.

Baca juga : Sekjen DPP Gerindra Pastikan Prabowo Maju Pilpres 2024

Dalam survei bulan November 2021, Prabowo-Puan juga unggul telak dalam simulasi, jika dibandingkan dengan Ganjar-Ridwan Kamil dan Anies-AHY.

Survei NEW INDONESIA Research & Consulting dilakukan pada 1-10 Februari 2022 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.