Dark/Light Mode

Menkominfo Imbau Perayaan Imlek Dilaksanakan Dengan Taat Prokes

Senin, 31 Januari 2022 22:20 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (IST)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah meminta perayaan Imlek di tengah pandemi Covid-19 dilakukan secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat. Hal ini tentu tak akan mengurangi makna penting dari perayaan Imlek. Masyarakat juga diimbau menghindari keramaian.

"Kami berharap perayaan Imlek pada 1 Februari 2022 dapat berjalan aman bagi semua. Karena itu, Pemerintah meminta umat Konghucu yang merayakan Imlek supaya melaksanakannya secara sederhana, tetap menegakkan prokes, dan menghindari kerumunan,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, Senin (31/1/2022).

Ia juga mengimbau warga untuk membatasi kegiatan berkumpul dalam jumlah besar, guna meminimalisasi potensi penularan virus.

Baca juga : Ganjar Jempolin Persiapan Imlek Di Kelenteng Tertua Indonesia, Tien Kok Sie

Karena itu, pada perayaan Imlek masyarakat diimbau agar tidak mudik, menghindari keramaian, serta kebiasaan kumpul keluarga dalam jumlah besar.

“Tanpa mengurangi makna penting perayaan ini, mari rayakan Imlek bersama keluarga yang serumah untuk menekan risiko penularan. Hal ini mengingat virus Covid-19 masih ada di sekitar kita, ditandai kasus konfirmasi harian yang terus meningkat,” katanya.

Terkait imbauan tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menerbitkan SE Menag No. 2/2022 tentang panduan penerapan prokes pada perayaan Imlek 2573 Kongzili, Selasa (25/1).

Baca juga : Ratusan Juta Warga China Nekat Mudik

Demi perlindungan masyarakat, terdapat pembatasan untuk ibadah di Klenteng. Kegiatan perayaan Imlek juga wajib dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19 di lingkungan masing-masing dan unsur keamanan setempat, agar mengetahui status zonasi serta dapat menyiapkan tenaga pengawas penerapan prokes Covid-19.

“Ini adalah tahun kedua kita merayakan Imlek dalam situasi pandemi. Kami yakin masyarakat telah mengetahui bagaimana sebaiknya melaksanakan hari besar tersebut secara aman,” ujar Menkominfo,

“pada saat perayaan, selalu taati protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” imbuhnya.

Baca juga : Ranking FIFA Timnas Terus Naik Di Bawah Shin Tae Yong

Dalam memaknai perayaan Imlek, Ia pun mengimbau masyarakat untuk mengutamakan kegiatan berbagi kepada sesama dengan membantu mereka yang membutuhkan.

“Semoga dengan semangat tersebut, tahun baru Imlek dapat membawa harapan baru, keberuntungan baru, menjadikan Indonesia yang lebih sehat dan penuh semangat persatuan,” tegasnya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.