Dark/Light Mode

Gelaran MotoGP Jangan Sampai Gagal

Karena Aspal Setitik, Jangan Rusak Mandalika Sebelanga

Kamis, 17 Februari 2022 07:30 WIB
Petugas memeriksa kondisi lintasan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa).
Petugas memeriksa kondisi lintasan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa).

 Sebelumnya 
Karena tes kemarin membuktikan aspal Mandalika mudah terkelupas saat dilewati motor-motor MotoGP yang memiliki kekuatan mesin nyaris menyentuh 300 tenaga kuda. “Kami sedang berbicara dengan semua pihak yang berwenang di sana (Mandalika) dan menjelaskan dengan tenang masalah yang sebenarnya terjadi.

Memang benar ada batuan-batuan aspal yang terdegradasi. Terutama di tikungan satu sampai lima, serta belokan terakhir. Namun, kami harap dalam waktu tersisa, kami dapat menemukan solusinya,” ucap Ucini dikutip dari GPOne.

Menanggapi keluhan-keluhan tersebut, FIM, Dorna, dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sepakat untuk memperbaiki Sirkuit Mandalika. Mereka berencana melakukan pelapisan ulang pada permukaan aspal di sebagian lintasan. Pembenahan sendiri akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum dimulainya Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Baca juga : Jaga Papua, Pangdam Kasuari Gabriel Sowan Ke Kepala Suku Mansim

“Sirkuit akan diaspal ulang dari bagian sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5. Venue juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP,” bunyi pernyataan resmi FIM, Selasa (15/2).

Pihak FIM menunjuk Mark Hughes sebagai arsitek yang mengawasi pembangunan trek dan akan bertanggung jawab dengan Jarno Zafelli selaku teknisi. Keduanya sudah bekerjasama memperbaiki sirkuit Sepang ketika bermasalah dengan permukaan air.

Pengelola Sirkuit Mandalika, ITDC menilai, beberapa masukan dari pembalap dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar safety-nya, termasuk area runoff yang luas, baik aspal maupun gravel, sangat positif. “Selama tes, dua area pembenahan telah diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi beberapa bagian dari sirkuit,” tulis ITDC.

Baca juga : Dukung Gelaran MotoGP, Kominfo Perkuat Layanan Komunikasi Di Mandalika

Warganet ikutan berkomentar soal kondisi Sirkuit Mandalika. Menurut warganet, masukan dari para pembalap itu merupakan hal yang baik untuk kemajuan Sirkuit Mandalika. “Ya sudah. Yang sangat tahu pasti kesiapan lintasan itu yang sudah menjajalnya. Kalau yang jajal bilang seperti ini, tentu kita harus berbenah,” pesan @ballambinlove. “Ayo pengelola, segera diperbaiki.

Supaya bulan depan bisa digaskeun MotoGP Indonesia,” kata @ThmBobye. @MartinusButarb1 menyamakan masalah Sirkuit Mandalika dengan rumah baru. “Ibarat rumah baru, kalau ditempati juga muncul retak-retak halus. Ini tak bisa sempurna hasilnya karena ada tanah turun sehingga bagiannya berubah,” katanya.

“Kalau memang aspal Mandalika nggak sesuai spek MotoGP, mbok ya diperbaiki. U know kan kecepatan ngebut rider MotoGP, kerikil sebiji zarah pun bisa buat celaka,” cuit @YaoMbang [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.