Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar: Dr R Soeharto Layak Banget Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 22 Februari 2022 21:22 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan terhadap Dr R Soeharto untuk mendapat gelar pahlawan nasional kian menguat. Selain dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), dukungan juga datang dari sejumlah politisi dan pejabat.

Ketua Umum IDI Daeng M Faqih berharap, usulan agar Dr R Soeharto menjadi pahlawan nasional bisa diterima Pemerintah. "Kami berharap, usulan Dr Soeharto menjadi pahlawan bisa berjalan lancar. Kami sudah mengabarkan seluruh dokter di Indonesia bahwa seniornya, pendiri IDI, sedang dicalonkan sebagai pahlawan nasional. Ini menjadi kebanggaan bagi seluruh dokter Indonesia, ujar Faqih, dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Dr R Soeharto, Selasa (22/2).

Baca juga : Putra Bung Karno Dukung dr Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

Dr R Soeharto, yang lahir pada 1908, dianggap sangat pantas diusulkan menjadi pahlawan nasional. Pasalnya, perjuangan dan pengabdiannya di berbagai era melebihi tugas utamanya sebagai dokter pribadi/kepresidenan Soekarno dan Hatta, tercatat dengan jelas. Ia berjuang pada masa pergerakan nasional sebagai anggota Jong Islamieten Bond dan kemudian dalam Pengurus Besar Jong Java yang turut serta dalam Kongres Pemuda II 1928 hingga melahirkan Sumpah Pemuda.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menganggap, Dr R Soeharto sangat layak mendapat gelar sebagai pahlawan nasional. "Keluarga almarhum datang ke saya dan memberikan dokumen lengkap perjalanan R Soeharto. Banyak yang unik dari yang saya baca. Beliau pernah jadi tentara dan juga menteri. Kalau dari sisi kelayakan, di mana tidak kelayakannya beliau? (Perjuangannya) dari zaman perjuangan sampai kemerdekaan. Menurut saya, layak banget beliau jadi pahlawan," ujar Ganjar.

Baca juga : Nama Sastrawan HB Jassin Diabadikan Jadi Nama Perpustakaan Di Gorontalo

Perjalanan dan kontribusi Dr R Soeharto, lanjut Ganjar, antara lain menjadi dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta sejak 1942. Selama tugasnya, Dr R Soeharto selalu menemani Bung Karno berkeliling ke seluruh dunia. Dr R Soeharto juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno.

Dr R Soeharto meninggal pada 2000. Dia juga tercatat sebagai salah satu pendiri bank pertama di Indonesia, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), sekaligus turut andil dalam pembangunan kawasan Sarinah Thamrin Jakarta, dan Hotel Indonesia. Pada awal kemerdekaan, Dr R Soeharto juga berperan sebagai bendahara yang mengelola dana penyelenggaraan pemerintahan, karena pada masa itu lembaga-lembaga negara belum sepenuhnya fungsional.

Baca juga : Siang Ini, Jokowi Lantik Kepala Badan Pangan Nasional

Pada 1950, Dr R Soeharto tercatat menjadi salah satu penggagas berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ia juga pelopor yang menginisiasi program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia. Selanjutnya, dalam perkembangan program KB itu, muncul Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) pada 1957, dan Dr R Soeharto didapuk menjadi ketua pertama PKBI. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.