Dark/Light Mode

Waspadai, Potensi Hujan Es Dan Cuaca Ekstrem Hingga April

Selasa, 22 Februari 2022 20:12 WIB
Hujan es di sejumlah daerah.
Hujan es di sejumlah daerah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan hujan es yang akan terjadi hingga Maret-April mendatang.

“Potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih dapat terjadi hingga Maret-April mendatang ,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/2).

Baca juga : Angkasa Pura I Siapkan Langkah Antisipasi Cuaca Ekstrim

BMKG juga meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem berupa bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, jalan licin, pohon tumbang, dan lainnya.

Dalam sepekan ini, BMKG mencatat kejadian cuaca ekstrem berupa fenomena hujan es telah terjadi di beberapa wilayah, seperti Surabaya, Lampung, Bekasi, dan wilayah lainnya.

Baca juga : Masyarakat Diminta Waspada Penipuan Atas Nama Kemenag

“Kejadian tersebut disertai kilat/petir dan angin kencang. Fenomena hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit,” terangnya.

BMKG juga membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui laman bmkg.go.id, untuk prakiraan cuaca hingga level kecamatan; akun media sosial @infobmkg; aplikasi “Info BMKG” yang terdapat pada iOS dan android; call center 196 BMKG; atau menghubungi kantor BMKG terdekat. [MFA] 

Baca juga : Perbaiki Ventilasi, Perusahaan Di Malaysia Bisa Dapat Diskon Pajak Hingga Rp 1 M


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.