Dark/Light Mode

Inginkan Putra Daerah

Gubernur Ogah Politisi Jadi Pj Bupati Sarolangun

Rabu, 23 Februari 2022 06:53 WIB
Gubernur Jambi, Al Haris. (Foto : Istimewa)
Gubernur Jambi, Al Haris. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teka-Teki siapa yang akan duduk sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun, Provinsi Jambi mulai terkuak.

Gubernur Jambi, Al Haris memberi sinyal, selain harus netral dan memenuhi syarat administratif, dia ingin putra daerahlah yang duduk sebagai ‘caretaker’ sementara di Sarolangun.

Al Haris mengaku, belum mengantongi nama Pj Sarolangun untuk menggantikan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun, Cek Endra-Hilallatil, yang akan habis masa jabatannya tahun ini. Tapi secara pribadi, dirinya ingin putra daerah mengisi posisi itu.

“Harus putra Sarolangun, tetapi tentu kita berharap Pj Bupati ini tidak orang politik,” ujar Al Haris, kemarin.

Baca juga : KCIC Pede, Pemindahan Ibu Kota Tak Pengaruhi Potensi Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dia berharap, putra daerah kelak akan lebih mengenal kebutuhan daerahnya. Sehingga roda utama Pemerintahan, yakni pelayanan publik bisa berjalan dengan baik.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengatakan, secara teknis dia akan mengusulkan tiga nama Pj Sarolangun.

Nama-nama itu nantinya akan dipilih Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tapi, lanjut Al Haris, sebelum mengusulkan ke Jakarta, dia harus benar-benar memastikan nama-nama diusulkan itu memiliki kapabilitas.

Pj Bupati Sarolangun itu harus saya istikharah (doa mohon petunjuk -red) kan dulu. Saya ingin memilih yang terbaik di Sarolangun ini,” jelasnya.

Baca juga : Mentan Ingatkan Pentingnya Peran Penelitian Untuk Kemajuan Pertanian

Al Haris menginginkan, agar Pj Bupati Sarolangun diisi orang-orang terbaik. Selain itu, dia juga sosok birokrat yang bekerja untuk Pemerintah dengan profesional dan tidak dipengaruhi kepentingan siapapun.

“Saya dulu mantan (pegawai) di Sarolangun. Sebagai orang yang pernah bekerja di negeri ini, saya ingin negeri ini maju ke depan. Inisialnya ini akan tiga nama putra terbaik asli Sarolangun,” tandasnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Hapis Hasbiallah juga mengingatkan, Gubernur Jambi, Al Haris harus benar-benar mempersiapkan nama-nama Pj Bupati yang akan berakhir pada Mei mendatang.

Disebutkan, total ada tiga kabupaten di Jambi yang membutuhkan Pj pada tahun ini. Yakni, Sarolangun, Tebo dan Muarojambi.

Baca juga : PSI Diplesetin Nih... Jadi Partai Seputaran Ibu Kota

“Kami berharap Gubernur selektif. Jangan sampai dicampur adukkan dengan politik. Harus sesuai kapasitas dan kapabilitas,” ujarnya.

Menurut Hapis, jika Gubernur Jambi memilih Pj Bupati tidak netral dan tidak memiliki kapabilitas, dikhawatirkan bakal mengganggu roda Pemerintahan di kabupaten itu.

“Kami minta Pemprov bisa menyiapkan itu dengan baik, dan diharapkan penentuan ketiga Pj Bupati sesuai aturan,” tutupnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.