Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Optimalkan Penanganan Dampak Letusan Semeru, Khofifah Sigap Koordinasikan Bupati Sekitar

Minggu, 5 Desember 2021 10:39 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq (kiri) saat meninjau korban bencana letusan gunung berapi. (Foto: Diskominfo Lumajang)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq (kiri) saat meninjau korban bencana letusan gunung berapi. (Foto: Diskominfo Lumajang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengkoordinasikan para bupati terdekat, untuk segera melakukan penanganan kegawatdaruratan pasca erupsi Gunung Semeru. Utamanya, di daerah Pronojiwo yang aksesnya terputus akibat ambruknya Jembatan Gladak Perak.

"Bupati Malang sudah kirim tim, kami sudah mengkomunikasikan antara Pak Bupati Lumajang, Pak Bupati Malang, Jember ini juga sudah kirim Tim Reaksi Cepat, bagaimana action plan kegawatdaruratan sebaik mungkin," ujar Khofifah saat meninjau lokasi di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh Candipuro, seperti dilansir Diskominfo Lumajang, Minggu (5/12).

Baca juga : Cek Penanganan Dampak Erupsi Semeru, Kepala BNPB Bertolak Ke Lumajang

Dusun Kampung Renteng mengalami dampak terparah erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) kemarin. Sejumlah rumah milik warga dan kendaraan angkutan pasir, tertimbun material vulkanis Gunung Semeru.

Khofifah juga menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, pasokan logistik telah didistribusikan ke posko-posko pengungsian.

Baca juga : Dinkes Lumajang: Data Sementara, 48 Korban Letusan Semeru Alami Luka Bakar

"Kalau awal kita bawa kids wear, family kit, berbagai kelengkapan kesehatan, pasti sembako, beberapa item di BPBD diidentifikasi standby. Baik itu di BPBD Kabupaten, provinsi maupun BNPB. Tadi malam, sudah terkirim," papar Khofifah.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, fokus penanganan pasca erupsi saat ini adalah proses evakuasi. Ia sangat berterima kasih, tim relawan dan BPBD dari kabupaten sekitar turut membantu proses penanganan kegawatdaruratan di Lumajang.

Baca juga : Omicron, Penularan Di Masyarakat Dan Kombinasi Berbagai Mutasi

"Terima kasih, Ibu Gubernur sudah mengkoordinasikan antar kabupaten/kota terdekat sudah meluncur. Ini tentu akan memaksimalkan proses penanganan kegawatdaruratan di sini," ujarnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.