Dark/Light Mode

Dijamin Aman

Para Sepuh, Yuk Ikutan Booster

Kamis, 24 Februari 2022 08:07 WIB
Vaksinasi dosis ketiga (booster) kelompok lanjut usia (lansia). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)
Vaksinasi dosis ketiga (booster) kelompok lanjut usia (lansia). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Dr Zubairi Djoerban berharap, masyarakat yang sudah menerima dosis kedua segera meminta suntik booster. Terutama, kelompok lanjut usia (lansia).

Vaksin dosis ketiga itu dijamin ampuh mengurangi risiko keparahan akibat Covid-19. “Jadi booster itu sangat baik karena mampu mengurangi penularannya. Meski nggak sampai 100 persen. Tapi akan menjadi amat ringan jika terinfeksi Covid-19,” tuturnya, kemarin.

Baca juga : Wirausaha Mamin Tumbuh, Industri Kemasan Moncer

Zubairi menjamin, vaksin booster aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping. Ini dibuktikan oleh dirinya sendiri.

Zubairi yang juga sudah berusia 70 tahun dan memiliki komplikasi penyakit sudah mengikuti vaksinasi booster. Hasilnya, aman-aman saja. “Memang di antara kita ada yang pusing hingga demam setelah disuntik, tapi efeknya paling lama dua hari, lalu akan sembuh lagi,” bebernya.

Baca juga : Klinik Kimia Farma Siap Layani Vaksinasi Booster

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mendorong para lansia untuk segera ikuti vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan demi melindungi para “sepuh” agar terhindar dari gejala parah akibat Covid-19.

Kemenkes sendiri telah menerbitkan ketentuan baru tentang pemberian vaksinasi booster bagi kelompok yang berusia diatas 60 tahun. Kemenkes mengumumkan jarak vaksinasi dari dosis kedua ke booster jaraknya sudah diperpendek.

Baca juga : Dihajar Bhayangkara, Syafril Petik Banyak Pelajaran

“Sebelumnya vaksinasi booster diberikan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dosis kedua. Kini interval waktu penyuntikan dosis lanjutan bagi lansia bisa diberikan minimal 3 bulan setelah menerima vaksinasi dosis lengkap,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.