Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat Nilai Golkar Serius Seruduk Kandang Banteng

Senin, 31 Januari 2022 15:15 WIB
Pengamat Nilai Golkar Serius Seruduk Kandang Banteng

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar dinilai serius menggarap suara di basis pemilih Jawa Tengah yang menjadi lumbung suara PDIP.

Indikasi ini terlihat dari Kegiatan aksi sosial dan pengobatan gratis secara maraton selama 3 hari berturut-turut di beberapa kecamatan di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Selain itu, konsolidasi para Ketua DPD Partai Golkar tingkat Provinsi di seluruh Indonesia yang dikumpulkan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto juga digelar di Kota Semarang.

"Nampaknya Golkar serius menggarap suara masyarakat Jateng. Bisa dibaca Golkar seruduk kandang Banteng," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti, Minggu (30/1).

Baca juga : Pesantren Jajaki Ekspor Produk Makanan Halal

Ray menilai potensi Partai Golkar mendapatkan suara di Jawa Tengah cukup besar, apalagi jika ini dilakukan secara terus menerus dan turun sampai ke masyarakat Jateng yang paling bawah.

“Suara Jateng bisa keambil Golkar di Pemilu 2024, jika diikuti dengan kerja-kerja politik kader di DPD I dan DPD II secara kontinyu,” ujarnya.

Ray kurang yakin terkait anggapan bahwa pemilih Jateng adalah pemilih ideologis dan tak akan bergeser memilih partai selain PDIP.

“Tidak seluruhnya juga di Jateng adalah pemilih ideologis. Sekarang ini pemilih idiologis tidak sampai 10 persen, 90 persennya suara mengambang, umumnya masih ada pemilih tradisional dan rasional,” tegasnya.

Baca juga : Gerilya Di Jateng, Pengamat : Golkar Pede Masuk Kandang Banteng

Faktor lain yang membuat Partai Golkar berpeluang mengambil suara masyarakat Jateng di Pemilu 2024 adalah faktor Ganjar Pranowo.

Ray berpendapat, Partai Golkar sepertinya melihat adanya hubungan yang tidak harmonis antara PDIP dengan Ganjar Pranowo terkait bakal capres dari banteng moncong putih.

Sebagian dari pemilih PDIP di Jateng umumnya orang yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

Jadi, kalau kemudian ada ketidaksesuaian dengan keinginan dari PDIP, itu artinya Partai Golkar punya potensi untuk meraup suara di situ.

Baca juga : Gelar Pengobatan Gratis, Golkar Dan Airlangga Didoakan Warga Salatiga Jateng

“Makanya Golkar sepertinya serius, ini ada peluang pemilih Jateng akan mencari partai lain kalau hubungan antara Ganjar dan PDIP retak," ujarnya.

Terkait aksi sosial Partai Golkar di Salatiga, Jawa Tengah, Ray melihat Partai Golkar melakukan action politik jelang Pemilu 2024.

Artinya, Partai Golkar membaca dan mendorong strategi turun langsung ke daerah dalam konteks meraup suara di Jateng karena Partai Golkar sepertinya melihat ada keretakan antara PDIP dan Ganjar Pranowo. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.