Dark/Light Mode

Direstui WHO

Indonesia Hebat, Dipercaya Bangun Hub Vaksin Corona

Sabtu, 26 Februari 2022 08:00 WIB
vaksin mRNA. (Foto: Istimewa).
vaksin mRNA. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Menurut @Riska_ibusalsa, keberhasilan Indonesia menjadi hub vaksin berkat kolaborasi yang baik antara Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Luar Negeri (Menlu) dan BUMN. Kerja baik tersebut telah membuat WHO memberikan kepercayaan kepada Indonesia membuat vaksin mRNA.

“Ini bukti dunia percaya pada Indonesia,” sahut @dalem_abdhi. “Hebat Indonesia. Dapat tambahan kepercayaan di bidang kesehatan oleh WHO,” puji @Bambang.

Akun @Marsya_Dapari mengatakan, dengan adanya kepercayaan WHO untuk memproduksi vaksin Covid-19 berbasis mRNA, otomatis akan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.

Baca juga : PDIP: Indonesia Harus Jadi Inisiator Hentikan Perang Rusia-Ukraina

Kata @akjailani, kemampuan Indonesia memanfaatkan teknologi mRNA akan melayani kancah regional untuk vaksin berbasis teknologi mRNA.

Akun @yudithho mengatakan, Indonesia selangkah lebih dekat untuk membuat vaksin mRNA sendiri. Indonesia, akhirnya mendapat akses ke teknologi tersebut setelah bertahun-tahun melakukan pendekatan.

“Di Afrika Selatan, para ilmuwan yang didukung WHO juga membuat kandidat vaksin yang cocok dengan Moderna,” kata dia.

Baca juga : Komisi I DPR Dorong Indonesia Jadi Juru Damai Rusia-Ukraina

Akun @biofarmaID sudah mencari partner untuk pengembangan melalui penjajakan kerja sama dengan University of Manchester untuk penguasaan seed mRNA. Sehingga, Bio Farma sudah memiliki dasar teknologi mRNA ini.

“mRNA merupakan teknologi rapid response yakni teknologi cepat dalam pengembangan dan produksi vaksin (plug and play),” jelas @ kimiafarmaind.

Namun, akun @Lambe_domble tidak bangga dengan kepercayaan WHO terhadap Indonesia. Soalnya, banyak negara Eropa yang mulai meninggalkan dan melupakan WHO.

Baca juga : Sharp Indonesia Resmi Bangun Pabrik AC Di Indonesia

“Itu membuat mereka panik. Akhirnya dengan terpaksa pilih Asia Tenggara yang masih setia,” ujarnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.