Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Akar Pohon Komit Jaga Lingkungan Dan Cegah Perubahan Iklim

Selasa, 1 Maret 2022 13:41 WIB
Akar Pohon dalam kegiatan penanaman 1.600 bibit pohon di hulu Sungai Cikaso, Kec Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, 11 November 2021. (Foto: Dok. Akar Pohon)
Akar Pohon dalam kegiatan penanaman 1.600 bibit pohon di hulu Sungai Cikaso, Kec Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, 11 November 2021. (Foto: Dok. Akar Pohon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya melestarikan lingkungan hidup, keseimbangan sumber mata air, mencegah erosi hutan dan menjaga kualitas udara yang baik, Yayasan Akar Alam Hijau Lestari (Akar Pohon) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya perubahan iklim.

“Kami selalu berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan yang berkelanjutan untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Sumarwan, salah seorang pengurus Akar Pohon, di Sukabumi, Selasa (1/3).

Sebelumnya, kata Sumarwan, komitmen itu sudah dilakukan Akar Pohon dalam program pengelolaan pencegahan bencana banjir. Sumarwan menerangkan, Akar Pohon adalah yayasan yang mempunyai misi untuk melindungi wilayah daratan dan perairan yang menjadi penyangga kehidupan.

Baca juga : 9 Warga Malaysia Yang Dievakuasi Dari Ukraina, Tiba Di Perbatasan Polandia

"Kerja,sama yang sudah dilakukan meliputi kegiatan manajemen pencegahan bencana banjir sebagai bagian dari model perencanaan desa secara komprehensif dengan mengintegrasikan nilai lingkungan, sosial, ekonomi melalui pendekatan aksi inspiratif warga untuk perubahan," ujarnya.

Sumarwan melanjutkan, untuk di wilayah Kabupaten Sukabumi, Akar Pohon telah melakukan penanaman yang terdiri dari bibit pohon pala, bibit pohon cengkeh, bibit pohon beringin, dan bibit pohon kelapa di hulu Sungai Cikaso, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

"Kami telah bekerja sama dengan TAP Group dengan menyumbangkan 1.500 pohon beringin, pohon kelapa 1.000, pohon pala 3.000, serta cengkeh 2000 batang pohon. Kemudian 1.600 bibit pohon juga telah kami sumbangkan untuk ditanam di daerah aliran Sungai Cikaso yang bekerjasama dengan PT Tamaris Hydro yang ditanam di Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi," ujarnya.

Baca juga : Bane: Kader PDIP Harus Kuasai Komunikasi Politik Untuk Jaga Dukungan Publik

Lebih lanjut Sumarwan mengatakan, Akar Pohon adalah nama panggilan dari yayasan yang bergerak di bidang lingkungan hidup, sosial, dan edukasi yaitu Yayasan Alam Hijau Lestari. Yayasan ini didirikan pada November 2019. Yayasan memiliki visi menjaga keseimbangan ekosistem makhluk hidup di masa yang akan datang, juga melestarikan alam untuk mempertahankan habitat bagi flora, fauna, dan masyarakat yang hidup di dalamnya.

"Serta membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup. Akar Pohon juga mempunyai misi untuk melestarikan mata air dan aaerah aliran sungai dengan cara penanaman pohon dan pengelolaan sampah," ujarnya.

Dalam pengelolaan bibit, Sumarwan menjelaskan, pohon yang diambil dari supplier akan dirawat terlebih dahulu di tempat singgah sebelum dilakukan penanaman. Pohon yang sudah siap tanam lalu akan didistribusikan ke desa-desa untuk ditanam bersama masyarakat. Setelah itu, ada kegiatan monitoring pohon yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penanaman pohon yang sudah dilakukan.

Baca juga : Cegah Korupsi Di Lingkungan Perguruan Tinggi, KPK Luncurkan Menu JAGA Kampus

"Selain penanaman bibit pohon di lokasi lahan kosong milik desa atau demplot, sepanjang daerah aliran sungai, juga sisanya dibagikan kepada warga. Penanaman secara bertahap sudah mulai dilakukan, terutama di lahan demplot yang dilakukan perangkat desa dan Linmas," terangnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.