Dark/Light Mode

Bilang Cuma Usul Pemilu 2024 Ditunda

Imin Lempar Bola Ke Presiden

Rabu, 2 Maret 2022 09:00 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: Twitter.com/@cakimiNOW).
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: Twitter.com/@cakimiNOW).

RM.id  Rakyat Merdeka - WACANA penundaan pemilu mendapat penolakan dari segala penjuru. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar yang meniupkan ide ini, kemudian melemparkan bola panas ini, ke Presiden Jokowi. Kata pria yang disapa Cak Imin itu, penundaan pemilu cuma usulan saja, keputusannya ada di Jokowi.

Penolakan terhadap penundaan pemilu datang tidak hanya dari oposisi, tapi juga dari teman koalisi. Bahkan, Cak Imin dan PKB jadi bulan-bulannya para penolak pemilu ditunda. Mengetahui usulannya banyak ditolak dan menimbulkan kisruh, Cak Imin pun tak ngegas lagi mengkampanyekan penundaan pemilu. “Yah, terserah saja. Namanya juga usul,” kata Cak Imin, di Universitas Indonesia Timur, Makassar, kemarin. “Ini usulan saya, tentu saya hanya bisa mengusulkan,” sambungnya.

Baca juga : Pimpinan MPR Belum Bahas

Ia berdalih, wacana penundaan Pemilu 2024 akan ditentukan kemudian oleh para elite politik. Baik oleh para ketua umum partai politik (parpol) hingga Jokowi. “Soal nanti bagaimananya, semua kembali kepada ketua umum partai, nanti yang akan ditentukan dan dibahas oleh para ketua umum dan juga oleh, tentu, penentunya Bapak Presiden,” dalih Cak Imin.

Di hari yang sama, Ketum Gerindra, Prabowo Subianto melalui Jubirnya Dahnil Anzar Simanjuntak menyiratkan penolakan penundaan pemilu. Namun, tidak gamblang. “Terkait dengan wacana penundaan Pemilu 2024, Pak Prabowo Subianto menyatakan beliau menghormati konstitusi kita dan ingin terus menjaga proses demokrasi yang sehat,” kata Dahnil, kemarin. “Pak Prabowo juga terus berkomunikasi dan bersilaturahim dengan tokoh politik lainnya, pimpinan partai politik lainnya,” sambungnya.

Baca juga : Hasto: Daripada Ngurusin Pemilu Ditunda, Mending Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

Sebelumnya, Ketum Partai NasDem, Surya Paloh dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto sudah secara tegas menolak penundaan Pemilu 2024. Sementara yang berada di barisan Cak Imin mendukung penundaan Pemilu ada Ketum PAN Zulkifli Hasan. Bagaimana tanggapan Istana? Hingga tadi malam, Jokowi belum merespons ide Cak Imin ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.