Dark/Light Mode

Upaya Peningkatan Keselamatan Di Perlintasan Sebidang

Kamis, 3 Maret 2022 23:01 WIB
Perlintasan sebidang Kereta Api. (Foto: Istimewa)
Perlintasan sebidang Kereta Api. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Benchmarking
Di negara bagian Australia Selatan, tahun 2003 didirikan State Level Crossing Safety Advisory Committee (SLCSAC) untuk mengurangi jumlah, biaya, dan trauma tabrakan di perlintasan kereta dengan cara yang paling hemat biaya. Selain itu juga untuk meningkatkan upaya koordinasi antara badan-badan pemerintah dan pemangku kepentingan utama dalam meningkatkan keselamatan perlintasan kereta dan bertindak sebagai badan penasehat bagi Menteri Keselamatan Jalan. 

Menurut Department of Transport, Energy, and Infrastructure, terdapat 8 aksi yang dilakukan. Pertama, meluncurkan teknologi red light camera pada beberapa perlintasan sebidang. Kedua, meluncurkan boomgate dan flashing light pada perlintasan sebidang. Ketiga, bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk merasionalisasi dan menutup perlintasan sebidang dengan tingkat rasio yang tinggi. Keempat, mendanai program black spot perlintasan sebidang dalam kerja sama dengan pemda.

Kelima, pemasangan automatic gates pejalan kaki dan sistem peringatan dini lebih dari satu kereta di jalur penyeberangan pejalan kaki perlintasan sebidang pada wilayah suburban. Keenam, mendukung kampanye pendidikan termasuk kampanye penegakan hukum oleh Polisi Australia Selatan untuk mencegah perilaku buruk di perlintasan sebidang. Ketujuh, menetapkan perjanjian antara pemilik lintasan dan otoritas jalan untuk mengelola risiko perlintasan sebidang. Kedelapan, investigasi teknologi persinyalan dan telekomunikasi.

Baca juga : Pedagang & Pengusaha Daging Bantah Ketersediaan Kosong Di Pasaran

Di samping itu, United Nations Economic Commission for Europe (Unece), implementasi peningkatan keselamatan melalui pendekatan safe system. Pertama, pemerintah memprakarsai keterlibatan otoritas jalan dan kereta api dalam konsultasi aktif untuk implementasi peningkatan keselamatan. Kedua, manajemen risiko perlintasan sebidang Plan-Do-Check-Act, proses perbaikan berkelanjutan. Merencanakan (Plan) yaitu mengevaluasi risiko dan memprioritaskan tindakan korektif. Melakukan (Do), yakni menerapkan tindakan korektif per anggaran yang tersedia. Memeriksa (Check), menilai dan mengevaluasi kinerja. Bertindak (Act), yaitu menilai, mengembangkan dan mengimplementasikan peningkatan.

Pendekatan sistem untuk perlintasan sebidang ada dua. Pertama, pemerintah terlibat dan komitmen untuk vision zero. Kedua, pembentukan kelompok kerja nasional untuk menerapkan pendekatan safe system (www.unece.org).

Tidak Paham
Kecelakaan rombongan Bus Pariwisata biasanya pengemudi tidak paham dengan rute yang akan dilalui karena bukan pramudi tetap/pegawai di PO Bus Pariwisata tersebut melainkan pramudi siapa pun yang penting punya SIM B1/B2, walaupun tidak memiliki pengalaman cukup di rute tersebut. PO Bus Pariwisata tidak memiliki risk journey yang dijadikan panduan pramudi ketika akan berangkat ke suatu tujuan.

Baca juga : Kurikulum Merdeka Dan Peningkatan Minat Belajar Siswa

Hal ini mengakibatkan pengemudi tidak paham road hazard mapping pada rute yang akan dilalui. Tidak ada tata cara mengemudi bus convoy atau rombongan di jalan, sehingga pramudi cenderung selalu ingin lebih cepat sampai tujuan tanpa memperhatikan keselamatan. Hal ini akan diperparah lagi jika penumpang juga meminta pengemudi agar bus mereka paling duluan sampai di tujuan.

Faktor lainnya mengenai perlintasan sebidang yang tidak dijaga. Sebaiknya Pemerintah Daerah melalui Dishub bekerja sama dengan PT KAI melakukan audit agar dapat melakukan mitigasi risikonya, sehingga ada solusi jangka pendeknya.***

Penulis: Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.