Dark/Light Mode

Pemilu 2024, Partai NasDem Targetkan Menang Di Kota Bandung

Sabtu, 5 Maret 2022 16:52 WIB
Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa didampingi Ketua DPD Partai NasDem Kota Bandung Rendiana Awangga dalam keterangannya kepada awak media, melaluiĀ  NasDem Memanggil di Bandung Menargetkan meraih kemenangan pada Pemilu 2024. (Foto : Edi)
Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa didampingi Ketua DPD Partai NasDem Kota Bandung Rendiana Awangga dalam keterangannya kepada awak media, melaluiĀ  NasDem Memanggil di Bandung Menargetkan meraih kemenangan pada Pemilu 2024. (Foto : Edi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (NasDem) terus  mengkonsolidasi diri menghadapi Pemilu 2024. Partai yang didirikan oleh Surya Paloh tersebut mengincar kemenangan pada pemilu legislatif maupun eksekutif mendatang di Kota Bandung.

Target raihan sukses itu, akan diwujudkan bersama oleh seluruh kader pada tiap tingkatan. Tak hanya mengincar kursi pimpinan DPRD Kota Bandung, Partai NasDem pun menyasar posisi wali kota Bandung.

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa menyatakan, pihaknya menargetkan meraih delapan kursi DPRD Kota Bandung pada Pemilihan Legislatif 2024.

“Kami ingin kader terbaik NasDem menjadi pimpinan DPRD Kota Bandung. Tak hanya itu, kita juga ingin pada 27 November 2024 (pemilihan kepala daerah), kader terbaik NasDem menjadi wali kota Bandung,” ujar Saan.

Guna mencapai target, Saan mengutarakan, pihaknya tengah melakukan rekrutmen dan menyiapkan sosok-sosok yang bakal menjadi kader terbaik NasDem, yang miliki integritas dan berjuang bagi masyarakat.

“Kami terbuka bagi putra putri terbaik Kota Bandung yang ingin bergabung. Partai NasDem memperlakukan sama, tidak ada perlakuan khusus antara kader yang lama dengan yang baru. Semua memiliki kesempatan dan peluang yang sama,” ucap Saan.

Baca juga : Jasa Marga-Bukit Asam Bangun PLTS Di Tol Bali Mandara

Saan menyebut hingga kini sudah ada 104 orang bakal calon anggota legislatif yang bakal disaring kembali menjadi 50 orang untuk ditetapkan sebagai calon anggota legislatif.

Dia mengungkap, para bacaleg ini berasal dari beragam profesi dan latar belakang pendidikan, seperti mantan birokrat, pemengaruh (influencer), hingga publik figur.

“Yang ditekankan kepada mereka adalah komitmen, kepedulian, dan keberpihakan kepada masyarakat. Terlebih mereka akan menjadi etalase partai, sehingga harus menjaga marwah Partai NasDem,” tukas Saan.

Saan pun menekankan, Nasdem menjaga prinsip-prinsip politik yang menjaga semangat idealisme dan profesionalitas. Tidak hanya itu, pihaknya pun konsisten mengusung prinsip politik tanpa mahar.

"Politik tanpa mahar itu hal yang penting, tidak ada jual beli nomor urut di Partai Nasdem. Bukan karena kebanyakan uang, tapi ingin mendapatkan anggota legislatif yang terbaik, yang  memperjuangkan kepentingan masyarakat di daerah masing masing,” tegas Saan.

Pada kesempatan sama, Ketua DPD Partai NasDem Kota Bandung Rendiana Awangga menuturkan, dalam memilih sosok yang akan menjadi calon anggota legislatif, pihaknya melihat kontribusi dan pengaruh yang bersangkutan di lingkungan sekitarnya.

Baca juga : JK Kasih Warning

“Kami pun tak akan membiarkan bacaleg ini bekerja sendiri, kita akan memberikan informasi peta politik di daerah pemilihan Kota Bandung, serta pelatihan-pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi mereka,” imbuh Awang.

Awang tak menyangkal, ketertarikan masyarakat untuk bergabung karena jargon politik tanpa mahar yang kerap didengungkan partai NasDem.

Selain itu, tidak ada pilih kasih dan seluruh kader memiliki kesempatan yang sama untuk membuktikan kualitas mereka, utamanya di masyarakat.

“Semuanya memiliki parameter dan objektif. Jadi siapapun yang memiliki kompetensi lebih baik dibanding yang lain, silakan menunjukkan dirinya masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD Partai NasDem Bidang Pemenangan Pemilu Kota Bandung Heri Hermawan, mengungkapkan, tidak mudah meraih kemenangan di Kota Bandung.

Namun, pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk meraih kemenangan. 

Baca juga : Relevansi Platform Merdeka Mengajar Di Era Digital

"Partai NasDem ditargetkan bisa  memenangkan pemilu di Bandung minimal meraih 8 kursi," kata Heri.

Terkait siapa yang akan dicalonkan Nasdem pada Pemilu 2024 nanti, Heri menyatakan pihaknya masih melakukan seleksi dan komunikasi politik dengan siapapun.

"Kami masih menseleksinya. Yang pasti semua bacaleg memiliki potensi. NasDem memanggil ini merupakan bagian dari proses konsolidasi Partai. Poin pentingnya Nasdem terus melakukan kerja politik. Kami pada tahun 2024 bercita-cita menang pemilu," pungkas Heri. [DR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.