Dark/Light Mode

Bantu Pengungsi Semeru

PDGI Serahkan Donasi Huntara Ke Indonesia Care

Rabu, 9 Maret 2022 19:32 WIB
PDGI menyerahkan bantuan pembangunan hunian sementara (Huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur ke Indonesia Care. (Foto: Istimewa)
PDGI menyerahkan bantuan pembangunan hunian sementara (Huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur ke Indonesia Care. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ikut berpartisipasi membantu pembangunan hunian sementara (Huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur.

Aksi ini, merupakan wujud kepedulian para dokter gigi yang tergabung dengan PDGI. "Kami serahkan donasi PDGI kepada Indonesia Care untuk mempercepat pembangunan Huntara bagi pengungsi Semeru. Kita berharap, sebelum puasa sudah bisa diserahkan kepada para pengungsi," ujar Ketua Umum PDGI Hananto Seno di Graha PDGI, Jakarta Timur, Selasa (9/3).

Pria yang akrab disapa dokter Seno itu merincikan pihaknya akan memberikan bantuan sebanyak 4 unit hunian baru di tahap pertama. "Insya Allah berikutnya secara bertahap kita susulkan," tambahnya.

Baca juga : UNESCO Dan IUCN RMM Kunjungi Taman Komodo Dan Situs Warisan Dunia Di Indonesia

Mantan dokter kepresidenan itu mengatakan, sebagai makhluk sosial, hati siapa yang tak menangis melihat penderitaan pengungsi yang bukan saja kehilangan tempat tinggal akibat terjangan lahar, hingga kehilangan keluarga tercinta.

Terlebih, ribuan relawan yang dahulu hadir saat bersama kini sudah kembali ke pos masing-masing untuk membantu di area bencana lainnya di Tanah Air.

"Padahal derita mereka belum berakhir. Lalu bagaimana kelanjutan hidup mereka?" tanya Seno.

Baca juga : Kemendagri Gaungkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Menurut Seno, saat inilah waktu yang paling tepat membantu mereka, euforia dan hiruk pikuk bantuan sudah mereda namun derita justru kian terasa. Harapannya, korban erupsi itu sudah menempati rumah hunian sementara sebelum masuknya bulan Ramadan.

Gayung bersambut, Direktur Eksekutif lembaga kemanusiaan Indonesia CARE Lukman Azis Kurniawan berjanji akan mewujudkan harapan PDGI agar sebelum Ramadhan selesai pembangunan hunian yang dititipkan kepada lembaganya.

"Amanah ini akan kita pegang. Insya Allah akhir bulan Maret sudah selesai pembangunan dan bisa diserahterimakan kepada Pemda Lumajang guna diteruskan ke pengungsi," ujar Lukman.

Baca juga : Senayan Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Mahasiswa Indonesia Di Ukraina

Mantan jurnalis media nasional itu mengaku, Indonesia CARE mendapatkan amanah membangun 50 unit huntara dari Bupati Lumajang sesuai SK Bupati Nomor 30 Tahun 2022.

"Tahap pertama 15 unit dulu yang akan dibangun. Kami harapkan dukungan semua dermawan bersama-sama merealisasikannya," harap mantan Direktur Komunikasi lembaga kemanusiaan ACT tersebut.

Untuk dermawan lain yang ingin membantu, lanjut Lukman, bisa melalui rekening Indonesia Care di BSI 7000-555-292 an Yayasan Indonesia Cepat Aktif Responsif dan Empati. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.