Dark/Light Mode

Jokowi Resmikan Masjid At Thohir

Erick: Alhamdulillah, Cita-Cita Almarhum Ayah Bangun Masjid Dapat Terwujud

Rabu, 9 Maret 2022 19:30 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Masjid At Thohir di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/3). Masjid ini didedikasikan Boy dan Erick Thohir untuk almarhum ayah tercinta, Mochamad Teddy Thohir. (Foto: Twitter)
Presiden Jokowi saat meresmikan Masjid At Thohir di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/3). Masjid ini didedikasikan Boy dan Erick Thohir untuk almarhum ayah tercinta, Mochamad Teddy Thohir. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir mengucap syukur. Dia bersama kakaknya yang juga bos Adaro Energy Indonesia, Boy Thohir berhasil menuntaskan pembangunan Masjid At-Thohir yang berlokasi di Jalan M Thohir, Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Peresmiannya dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi, pada hari ini, Rabu (9/3).

Masjid bergaya Timur Tengah ini merupakan bukti kecintaan Boy dan Erick kepada ayah tercinta, almarhum Mochamad Teddy Thohir. 

Baca juga : Alhamdulillah, 100 Juta Warga Indonesia Sudah Divaksin Covid Lengkap

"Alhamdulillah, cita-cita almarhum ayah kami mendirikan masjid dapat terwujud. Terima kasih Presiden @jokowi yang telah meresmikan Masjid At-Thohir. Insya Allah, selain untuk beribadah juga menjadi sarana dakwah dan kegiatan masyarakat," tulis Erick melalui akun Twitter resminya, Rabu (9/3).

Peletakan batu pertama Masjid At-Thohir telah dilakukan sejak 31 Maret 2018 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang juga merupakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI).

"Saya mengenal dekat dengan almarhum. Sosok yang ramah dan murah senyum. Sudah kewajiban anak-anaknya untuk membangun masjid ini, karena diamanahkan oleh almarhum," ujar Jusuf Kalla. 

Baca juga : Alhamdulillah, Pasokan Batu Bara Dan Gas Cukup

Masjid At-Thohir memiliki 29 kubah yang dikelilingi oleh empat menara yang menjulang tinggi. Kubah-kubah itu menjadi menjadi simbol pentingnya sebuah keluarga dalam Islam.

Kubah paling besar disimbolkan sebagai sosok ayah yang menjadi pemimpin keluarga, mendiang Teddy Thohir. Sementara tiga kubah berukuran sedang di sekitarnya diibaratkan sebagai ketiga anaknya: Vitaya, Garibaldi Thohir alias Boy Thohir, dan Erick Thohir.

Sedangkan beberapa kubah berukuran kecil, dilambangkan sebagai cucu Almarhum Teddy Thohir.

Baca juga : Erick Thohir: Bismillah, Ini Amanah Yang Harus Saya Jaga...

Sosok ibu yang menjadi bagian terpenting dalam seluruh anggota keluarga, disimbolkan dengan pondasi bangunan masjid yang menopang kubah-kubah tersebut.

Simbol-simbol keluarga ini dikelilingi oleh empat menara yang melambangkan empat sisi arah mata angin, seperti halnya Islam yang terus dikumandangkan ke seluruh penjuru. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.