Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Pastikan Keterlibatan Perguruan Tinggi Dalam Implementasi DBON

Minggu, 27 Februari 2022 19:57 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali menegaskan perguruan tinggi harus menjadi laboratorium lahirnya prestasi olahraga. Ini sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah disusun Kemenpora. 

Pernyataan ini disampaikan Menpora Amali dalam pidatonya saat meresmikan lapangan sepakbola sintetis Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Semarang, Sabtu (26/2).  

Menurutnya, sebagai implementasi di sejumlah daerah ada sentra-sentar olahraga misalnya sentra Jawa Timur langsung dengan Unesa surabaya, untuk sentra Jawa Tengah Unnes, Jawa Barat dengan UPI Bandung  dan untuk sentra DKI dengan Universitas Negeri Jakarta. 

Baca juga : Lestari: Pembelajaran Adaptif Butuh Keterlibatan Seluruh Elemen Pendidikan

“Ini kenapa karena kedepan sport science menjadi panduan utama baik hulunya kebugaran maupun hilirnya prestasi. Tidak ada lagi kita hanya mengandalkan bakat, talenta, kemampuan yang sudah ada secara alam, pasti kita akan jauh ketinggalan dengan negara-negara lain, kalau kita tidak menempatkan sport science sebagai pemandu utama dari olahraga nasional,” tukasnya. 

"Dan kami meyakini bahwa tempat yang pling tepat untuk menjadi laboratorium sport science itu adalah peguruan tinggi bukan tempat lain," tambahnya. 

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali berbicara pemanfaatan venue dan sarana olahraga setelah Pekan Olahraga Nasional (PON), salah satunya diharapkan dimanfaatkan oleh perguruan tinggi. 

Baca juga : Cegah Korupsi Di Lingkungan Perguruan Tinggi, KPK Luncurkan Menu JAGA Kampus

"PON Papua kita arahkan mislanya untuk pembangunan akomodasi atau penginapan, kita dapatkan dengan peguruan tinggi, dengan Universitas Cendrawasih dan perguruan-perguruan tinggi lain. Sehingga itu bisa digunakan oleh mahasiswa sebagai asrama mahasiswa, venue juga bisa digunakan untuk kampus dan seterusnya," ujarnya. 

Dengan demikani, pengalaman di Papua tersbut akan diimplementasikan di PON Aceh dan Sumatera Utara yang digelar 2024 nanti. 

"Dua hari yabg lalu kami sudah mendeklarasikan dimulai, kita dorong harus berdekatan dengan perguruan tinggi. Pemanfaatannya sudah pasti, pemeliharaan sudah pasti dan juga pemerintah dari tidak terlalu dipusingkan ini buat apa dan ini untuk apa," ujarnya.

Baca juga : Menparekraf: Peran Perempuan Milenial Penting Dorong Ekonomi Kreatif

Oleh karena itu, Menpora Amali berharap kehadiran lapangan sepakbola di Unnes menjadi salah satu laboratorium pelatihan atau tempat Pelatnas timnas putri. "Jadi yg penting siapkan tempat penginapannya, saya mendengar sudah ada," pungkasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.