Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lantik Ketua IMI Sultra

Bamsoet Dukung Penyelesaian Sirkuit Internasional Di Nanga-nanga

Rabu, 9 Februari 2022 22:31 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri) saat melantik pengurus IMI Sultra periode 2021-2025 di bawah kepemimpinan Anton Timbang, di Kendari, Sultra, Rabu (9/2). (Foto: Dok. IMI)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri) saat melantik pengurus IMI Sultra periode 2021-2025 di bawah kepemimpinan Anton Timbang, di Kendari, Sultra, Rabu (9/2). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung penyelesaian pembangunan sirkuit balap internasional di kawasan Nanga-nanga, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pembangunannya sudah dimulai sejak 2020 di atas lahan 10 hektar yang disiapkan Pemprov Sultra. Kini, pembangunan sudah memasuki tahap pengerasan dan pengaspalan. Ditargetkan selesai pada 2023.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menerangkan, sirkuit ini memiliki panjang lintasan 2 kilometer, dengan lintasan lurus sepanjang 200 meter, serta 13 tikungan, Sirkuit Nanga-nanga bisa digunakan untuk menyelenggarakan berbagai kejuaraan motorsport, dari road race, hingga drag race.

Baca juga : JK Layat Ibunda Pengusaha Nasional Sofjan Wanandi

“Selain mewujudkan mimpi masyarakat Sulawesi Tenggara untuk memiliki sirkuit internasional dengan lintasan trek berbentuk huruf K yang merupakan simbol Pulau Sulawesi, juga untuk melahirkan lebih banyak lagi atlet balap asal Sulawesi Tenggara yang bisa mengharumkan nama Indonesia hingga ke kancah internasional," ujar Bamsoet, saat melantik pengurus IMI Sultra periode 2021-2025 di bawah kepemimpinan Anton Timbang, di Kendari, Sultra, Rabu (9/2).

Pelantikan ini turut dihadiri Gubernur Sultra Ali Mazi, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, Plt Ketua KONI Sultra La Ode Suryono, Kepala BNN Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto, dan Komandan Korem 143 Halu Oleo Kendari Brigjen TNI Yufti Senjaya. Sedangkan dari pengurus IMI Pusat hadir antara lain Wakil Ketua Umum Organisasi M Riyanto, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, Komunikasi dan Media Hasby Zamri, Direktur Organisasi Nasrul Fuad, serta Komisi Touring sekaligus Ketua Umum Motor Besar Indonesia Rio Castello.

Baca juga : Hari Kedua Di Sumut, Jokowi Bakal Bagikan SK Hutan Sosial Dan Sertifikat Tanah

Ketua MPR ini menjelaskan, selain menjadi Ketua IMI Sultra selama tiga periode, Anton Timbang juga dipercaya sebagai Ketua Kadin Sultra. Posisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun kolaborasi mengajak dunia usaha, khususnya dari berbagai perusahaan tambang yang beroperasi di Sultra, terlibat dalam pembangun Sirkuit Nanga-nanga.

"Dibutuhkan sekitar Rp 35 miliar untuk menyelesaikan pembangunan sirkuit tersebut. Selain melalui dana APBD, juga perlu diperkuat dengan peran dari pihak swasta. Tercatat ada sekitar 189 perusahaan tambang yang beroperasi di Sulawesi Tenggara, seperti Virtue Dragon dan lain-lain. Tidak hanya memanfaatkan kekayaan alam Sulawesi Tenggara, mereka juga harus berkontribusi memajukan olahraga. Perusahaan manapun yang memberikan sumbangan terbesar, bisa menempatkan namanya menjadi nama sirkuit. Misalnya menjadi Virtue Nanga-nanga International Circuit, Virtue Nanga-nanga International Circuit, atau nama lainnya yang merepresentasikan pihak pemberi sponsor," jelas Bamsoet.

Baca juga : Prabowo Dukung Pemasaran CN235 Ke Pasar Internasional

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan Kadin Indonesia ini menambahkan, di bawah kepemimpinan Anton Timbang, IMI Sultra juga harus segera membentuk kepengurusan IMI hingga tingkat kabupaten/kota se-Sultra. Ini sesuai amanah Musyawarah Nasional Luar Biasa IMI yang diselenggarakan pada 29 Januari 2022.

"Kehadiran IMI hingga tingkat kabupaten/kota akan memudahkan pembinaan sekaligus menggali lebih banyak lagi potensi balap dari generasi muda yang terdapat di 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara. Sekaligus memperluas kerjasama dengan berbagai pihak, dari mulai Bupati/Wali Kota hingga Kapolres. Sekaligus bekerjasama dengan KONI dalam penyaluran dana pembinaan, karena sesuai ketentuan, setiap pengurus cabang olahraga tingkat kabupaten/kota mendapatkan dana pembinaan dari KONI," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.