Dewan Pers

Dark/Light Mode

Awas! KPK Pelototi Praktik Bagi-bagi Lahan Kavling Di IKN Nusantara

Kamis, 10 Maret 2022 10:48 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (Foto:Humas KPK)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (Foto:Humas KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkapkan adanya praktik bagi-bagi lahan kavling di lahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini, katanya, merupakan temuan dari informan KPK. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut soal sosok informan yang dimaksud.

Berita Terkait : TelkomGroup Siapkan Layanan Digital Kelas Dunia Di Nusantara

Temuan itu diungkapkan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberantasan Korupsi Terintegrasi secara hybrid. Hadir dalam rakor tersebut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Ternyata lahan IKN itu tidak semuanya clean and clearing. Dari informan kami sudah ada bagi-bagi kavling. Bapak Presiden juga sudah meminta pengawalan IKN kepada KPK," ujar Alex dalam keterangannya, Kamis (10/3).

Berita Terkait : Fadjroel Rachman Bangga Para Dubes Asing Antusias Dengan IKN Nusantara

Selain itu, Alex juga menyoroti soal perkara korupsi yang menjerat cukup banyak kepala daerah di Indonesia. Dia mengingatkan pesan proklamator Bung Hatta yang menekankan, jangan sampai korupsi menjadi budaya.

Alex merasa heran lantaran setelah belasan tahun KPK berdiri dengam berbagai operasi tangkap tangan (OTT) yang telah dilakukan, tidak membuat kapok oknum lainnya untuk melakukan korupsi. "Ini menjadi keprihatinan kami. Kenapa terus berulang?" sesalnya.

Berita Terkait : PP Ormas Pertama Bangun Kantor Pusat Organisasi Di IKN Nusantara

Alex pun berharap koordinasi pencegahan korupsi akan semakin baik. Dia berharap seluruh kegiatan bisnis di Kaltim dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. "Pajaknya dibayarkan, dampak lingkungan minim, perusahaan bertanggung jawab secara sosial," tutur Alex.
 Selanjutnya