Dark/Light Mode

Pasca Banjir Bandang Di Banggai Sulteng, 178 Hewan Ternak Mati

Jumat, 11 Maret 2022 20:35 WIB
Hewan ternak yang mati karena banjir bandang yang terjadi di Banggai, Sulawesi Tengah. (Foto: Dok. BNPB)
Hewan ternak yang mati karena banjir bandang yang terjadi di Banggai, Sulawesi Tengah. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir bandang yang melanda Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, pada Rabu (9/3) telah menyebabkan 178 hewan ternak mati. Adapun rinciannya 3 ekor sapi, 5 ekor kambing, 20 ekor babi dan 150 ekor ayam.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai bersama lintas instansi gabungan telah berkoordinasi guna kaji cepat, monitoring kondisi mutakhir, membantu proses evakuasi, pembersihan material dan memberikan bantuan logistik serta peralatan.

Baca juga : Banjir Landa Medan Dan Banten, Pegadaian Sigap Salurkan Bantuan

Badan Naaional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada seluruh komponen pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

BPBD Kabupaten Banggai terus melakukan upaya, seperti pemantauan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), pembersihan sampah maupun material lain yang dapat menyumbat aliran air, monitoring kondisi tanggul, jalan dan jembatan hingga pemantauan debit air saat terjadi hujan lebat disarankan agar dilakukan secara berkala.

Baca juga : Banjir Bandang Sapu Sydney, Dua Tewas

Sebagai antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana susulan, BNPB mengimbau asyarakat di sepanjang aliran sungai agar melakukan evakuasi sementara jika terjadi hujan menerus dengan intesitas tinggi selama lebih dari satu jam. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.