Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ruston Tambunan Resmi Dilantik Jadi Ketum IKPI

Sabtu, 12 Maret 2022 15:55 WIB
Pelantikan pengurus baru Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) masa bakti 2019-2024 di Jakarta, Jumat (11/3). (Foto: Istimewa)
Pelantikan pengurus baru Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) masa bakti 2019-2024 di Jakarta, Jumat (11/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) memiliki jajaran pengurus pusat baru untuk menuntaskan masa bakti 2019-2024. Wakil Ketua Umum Ruston Tambunan naik menjadi Ketua Umum IKPI menggantikan Mochamad Soebakir yang mengundurkan diri pada akhir tahun lalu. Kemudian posisi sekretaris umum ditempati oleh Jetty. "Ketua Umum Ruston Tambunan," bunyi keputusan Ketum IKPI Nomor 1 Tahun 2022 dikutip, Sabtu (12/3).

Ruston mengatakan, bakal meneruskan dan menuntaskan program kerja IKPI yang telah diamanatkan pada Kongres XI IKPI di Batu, Jawa Timur pada 2019 lalu.

"Sebagai Ketum baru, saya harus melihat program kerja hasil kongres, di mana ada sejumlah program kerja yang harus dituntaskan," ujarnya.

"Beberapa sudah dituntaskan dengan Ketum lama, saya selaku pimpinan tinggal melanjutkan mana yang belum dicapai dan membuat yang sudah dicapai menjadi lebih baik lagi," tambahnya.

Ruston mengatakan, salah satu agenda prioritas IKPI ke depan ialah memperkuat peranan organisasi baik kepada pemerintah selaku otoritas pajak, maupun kepada wajib pajak yang merupakan klien.

Berita Terkait : Tok, Bambang Susantono & Dhony Rahajoe Resmi Jadi Bos IKN

"IKPI menginginkan keterlibatan dalam perumusan kebijakan yang berkenaan dengan pajak. Pasalnya, konsultan memainkan peranan penting," harapnya.

Pada surat keputusan, posisi wakil sekretaris umum ditempati oleh Toto. Kemudian posisi bendahara umum tidak berubah masih ditempati oleh Elies Yanti. Begitu juga dengan biro keuangan tetap diisi oleh Benediktus Djoko Widtaymo dan Arien Ginanjar Abdisa sebagai biro akuntansi.  

Selanjutnya, ketua departemen hubungan internasional dipimpin oleh T. Arsono. Ketua departemen humas diisi tetap ditempati oleh Henri PD Silalahi. Pada departemen humas, ketua bidang komunikasi antar humas internal dan pengelolaan media sosial dipegang oleh Irma Martani.

Ketua bidang komunikasi dan pemberitaan pada media eksternal ditempati oleh Ronsianus B Daur.  Louis Jordan Panggabean menjadi Kabid komunikasi dan hubungan dengan lembaga/instansi/asosiasi. Lalu Kabid sosialisasi peraturan perpajakan diisi oleh Novia Artini. Kabid layanan media informasi IKPI Smart ditempati oleh Achmad Hardono Nitiprodjo.

Selanjutnya, posisi ketua departemen litbang dan FGD dijabat oleh Lani Dharmasetya. Pada departemen ini ada dua ketua bagian. Kabid litbang dijabat oleh Prianto Budi Saptono. Lalu, Dany Hamdan Karim sebagai Kabid FGD.

Berita Terkait : Bantu Jokowi Husnul Khotimah

Sedangkan ketua departemen hukum dan pengembangan organisasi dijabat oleh Edy Gunawan. Dia dibantu oleh Ratna Febrina sebagai Kabid hukum dan Kabid pengembangan organisasi ditempati oleh Ronald Leonardy.

Kabid pengembangan teknologi informasi dijabat oleh Daniel Tanzil. Rendy Johan sebagai Kabid aplikasi teknologi informasi dan posisi Kabid penunjang teknologi informasi ditempati oleh Wisnu Paruly Setiawan. 

Posisi ketua departemen sosial dan pengabdian masyarakat ditempati oleh Alwi A. Tjandra. Kabid sosial diisi oleh Rusmadi. Kabid sosial ditempati Rusmadi dan Dwie Areany Kesuma sebagai Kabid pengabdian masyarakat.

Sementara ketua departemen pendidikan dijabat oleh Lisa Purnamasari. Kabid pendidikan brevet ditempati Imam Santoso dan Kabid kerjasama dengan pihak ketiga diisi Hung Hung Natalya.

Ketua departemen keanggotaan dan pembinaan dijabat oleh Robert Hutapea. Dia dibantu oleh beberapa ketua bidang seperti Muhammad Asmeldi Firman sebagai Kabid keanggotaan.

Berita Terkait : Motoran Di Jalanan Desa, Ibas Bantu Bedah Rumah Warga

Kabid pembinaan profesi dan etika dijabat Hamdanus Lukman. Ketua departemen pengembangan profesional berkelanjutan dijabat oleh Vaudy Starworld.Terakhir, ketua departemen tugas khusus ditempati oleh Nono Hanafi.

Adapun Kabid Humas IKPI Ronsianus B Daur memastikan pengurus pusat IKPI yang baru telah dilantik Jumat, (11/3/). Pengurus baru akan mengemban tugas hingga 2024.  "Sudah fixed pelantikan pengurus baru IKPI ini," tuturnya saat dikonfirmasi. [MRA]