Dark/Light Mode

Hari Ini Jokowi Kemah Di IKN

Ada Ritual Bawa Tanah Dan Air Sakral

Minggu, 13 Maret 2022 06:45 WIB
Presiden Jokowi dan Gubernur Isran Noor saat berada di titik nol IKN, Sepaku, PPU. (Foto: Istimewa).
Presiden Jokowi dan Gubernur Isran Noor saat berada di titik nol IKN, Sepaku, PPU. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika tidak aral melintang, hari ini Presiden Jokowi akan berkemah di titik 0 Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Semua gubernur juga akan diajak. Bukan hanya berkemah, Jokowi dan para gubernur itu, bakal menggelar ritual syukuran dengan membawa tanah dan air sakral dari daerah masing-masing.

Siapa sangka, titik 0 IKN Nusantara yang sebelumnya hutan belantara, kini ramai orang. Kontur tempat Jokowi berkemah agak menurun, layaknya sebuah bukit, namun tidak terjal. Pepohonan juga tertata rapi, berbaris memanjang. Di antara pepohonan tersebut, didirikan tenda.

Baca juga : Jokowi: Caranya Mudah Dan Tidak Repot

Baik anggota TNI, Polri, dan sejumlah tukang terus bekerja, merampungkan momen bersejarah di titik 0 IKN. Tanah yang bergelombang sudah diratakan. Alasanya, balok kayu dibalut triplek 18 mili untuk masing-masing lantai tenda.

Ukuran tendanya pun beragam. Pertama, tentu tenda hijau berukuran paling besar, layaknya tenda-tenda di pengungsian. Kedua, ada tenda berukuran kecil: muat untuk dua orang.

Baca juga : Garuda Berhasil Evakuasi 80 WNI Dan 3 WNA Dari Ukraina

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, persiapan kemah Jokowi berserta rombongan sudah hampir rampung. Untuk sarana dan prasarana juga sudah disiapkan. Di antaranya jaringan listrik, telekomunikasi, air bersih, dan kebutuhan lainnya selama acara ini berlangsung, termasuk tenda dan perlengkapannya.

Rencananya, Jokowi akan berkemah di titik 0 IKN Nusantara sampai besok. Kegiatan ini juga bakal dihadiri gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia. “Persiapan ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan sejumlah. Seperti Kodam VI/Mulawarman dan Polda Kaltim,” ungkap Isran Noor.

Baca juga : Jokowi Rayu Talenta Digital Balik Kandang

Kegiatan ini bakal dihadiri gubernur dari 34 provinsi. Namun, hanya 5 gubernur saja yang akan berkemah bersama Jokowi di titik 0 IKN Nusantara. Selain Isran Noor, mereka adalah Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang.

Isran Noor tidak tahu, kenapa Jokowi hanya mengajak 5 gubernur saja. Namun, orang nomor wahid di Indonesia itu akan menggelar ritual syukuran pembangunan IKN, sekaligus memberi arahan kepada para gubenur yang hadir. Adapun para gubernur yang hadir, harus menggunakan pakaian adatnya masing-masing.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.