Dark/Light Mode

Anies Bawa Tanah Akuarium Ke IKN

Banteng Jakarta Ngamuk

Selasa, 15 Maret 2022 07:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan tanah dan air yang dibawa dari DKI Jakarta kepada Presiden Jokowi untuk dimasukkan ke Bejana Nusantara di Titik 0 Ibu Kota Negara (IKN) baru di Nusantara, Kalimantan, Senin (14/3). (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan tanah dan air yang dibawa dari DKI Jakarta kepada Presiden Jokowi untuk dimasukkan ke Bejana Nusantara di Titik 0 Ibu Kota Negara (IKN) baru di Nusantara, Kalimantan, Senin (14/3). (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampil sedikit beda saat ikut menghadiri acara ritual Kendi Nusantara yang digelar di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kemarin. Saat para gubernur lain membawa tanah dan air dari tempat-tempat keramat dan penuh bersejarah, Anies justru membawa tanah dari Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Kampung ini pernah digusur saat Ahok menjadi Gubernur DKI. Politisi PDIP Jakarta tak terima Anies melakukan hal seperti ini.

Ritual “Kendi Nusantara” yang dipimpin Presiden Jokowi ini dilakukan dengan memasukkan tanah dan air dari 34 daerah. Tanah-tanah tersebut dibawa oleh Gubernur, atau yang mewakili. Ritual ini menjadi simbol penyatuan seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, prosesi ini sebagai penanda dimulainya pembangunan ibu kota baru.

Baca juga : Kementan Kenalkan Tanam Kedelai & Jagung Sistem Methuk

Gubernur yang pertama menyerahkan tanah adalah Anies. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, tidak membawa tanah keramat seperti yang dilakukan kepala daerah lain. Dia hanya membawa tanah dari Kampung Akuarium yang ada di Jakarta Utara.

Kampung tersebut adalah kampung korban gusurun Gubernur DKI Jakarta sebelumnya yang juga kader PDIP, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun, saat Anies mengalahkan Ahok, kampung itu kembali dibangun Anies.

Baca juga : Kemah Bersama Jokowi, Khofifah Bawa Air Dan Tanah Majapahit Ke IKN Nusantara

Soal tanah Kampung Akuarium yang akan dibawa Anies, sebetulnya sudah dibocorkan Anies di akun Instagram pribadinya; @aniesbaswedan sehari sebelum acara ritual ini dilakukan.

Dalam unggahannya, Anies memasang video ibu-ibu warga Kampung Akuarium sedang menggali tanah menggunakan pacul. Mereka lalu masukkannya ke dalam sebuah besek yang terbuat dari anyaman bambu. Tanah tersebut kemudian dikirim ke Anies.

Baca juga : 2022, Anies Siapkan 100 Bus Listrik Beroperasi Di Jakarta

“Pagi ini, rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Akuarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN,” tulis Anies menulis keterangan videonya.

Anies punya alasan kenapa tanah yang dipilih berasal dari Kampung Akuarium. Ia berharap, tanah dari Kampung Akuarium yang dikumpulkan bersama tanah dari daerah lain di IKN Nusantara, bisa memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi seluruh rakyat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.