Dark/Light Mode

MotoGP Sukses Digelar

Kini, Oposisi Dan Koalisi Tertuju Ke Formula E

Selasa, 22 Maret 2022 06:47 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memberikan trofi juara pertama kepada pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (kedua kiri). (Foto:  Setpres).
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memberikan trofi juara pertama kepada pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (kedua kiri). (Foto: Setpres).

 Sebelumnya 
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yakin, Formula E Jakarta bisa lebih sukses dari MotoGP Mandalika. Riza mengatakan, ajang balap Formula E merupakan event internasional yang juga bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia.

Menurutnya, Formula E bisa memberikan citra Indonesia sebagai negara yang aman dan kondusif untuk dikunjungi, meski berada dalam kondisi pandemi.

“Wisatawan-wisatawan asing akan pada datang ke Indonesia. Sehingga ekonomi bangkit, seni budaya kita bisa hadirkan,” ujar Riza.

Baca juga : Oposisi Dan Koalisi Bersatu Lawan Luhut

Pelajaran yang bisa dipetik dari MotoGP kemarin, kata dia, adalah semangat kolaborasi dan sinergi untuk mengadakan ajang balap internasional tersebut.

“Pengalaman yang kita petik semuanya perlu kolaborasi, bersinergi,” ujarnya.

Lalu bagaimana perkembangan Formula E? Ketua Komite Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni mengatakan, pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, akan rampung pada akhir Maret. Menurut Sahroni, progres pembangunan sirkuit telah mencapai 80 persen.

Baca juga : Aktivis Desak KPK Gercep Usut Dugaan Korupsi Formula E

Sahroni mengatakan, lintasan balap sepanjang 2,4 kilometer itu sudah diaspal secara menyeluruh. Saat ini pembangunan dalam tahap pengaspalan untuk lapisan terakhir.

“Pihak Formula E Operation (FEO) bakal melakukan inspeksi untuk memastikan sirkuit bisa digunakan pada ajang balap yang digelar pada 4 Juni 2022,” bebernya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menonton langsung acara MotoGP Mandalika mengatakan, sudah seharusnya acara internasional yang diadakan di Indonesia didukung masyarakat. Apalagi, perekonomian Indonesia ikut terimbas ganasnya pandemi Covid-19.

Baca juga : Aktivis Minta KPK Serius Dalami Dugaan Korupsi Formula E

“Ke depan, kita terus dukung agar kegiatan-kegiatan serupa bisa terus terlaksana dengan baik. Untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa kita siap untuk kembali bangkit dari tantangan pandemi,” pesannya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.