Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ruwatan Di Kantor Firli

Aktivis Desak KPK Gercep Usut Dugaan Korupsi Formula E

Jumat, 4 Maret 2022 17:06 WIB
Aktivis menggelar aksi teatrikal ruwatan di depan Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/3). Mereka mendesak lembaga antirasuah serius mengusut dugaan kasus korupsi Formula E.
Aktivis menggelar aksi teatrikal ruwatan di depan Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/3). Mereka mendesak lembaga antirasuah serius mengusut dugaan kasus korupsi Formula E.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok massa tergabung dalam Satgas Pemburu Koruptor Formula E kembali menggelar aksi ruwatan untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka berharap KPK semakin bertaring menaikkan status kasus dugaan korupsi Formula E ke tahap penyidikan.

"KPK tunggu apa lagi, segera umumkan hasil penyelidikan kasus Formula E. Jangan terlalu rumit untuk bertindak, sudah saatnya Ketua KPK Bapak Firli Bahuri menaikkan statusnya ke tahap penyidikan," desak Koordinator Aksi Ali Ibrahim, saat berorasi di depan Gedung Merah Putih KPK, Jumat (4/3).

Dalam aksi ruwatan ini, mereka membawa sesajen berupa kembang tujuh rupa dicampur dengan air kemudian disiramkan ke Gedung KPK. Harapannya, kata Ali, penyidik KPK tidak terpengaruh roh jahat yang melindungi tuyul maling duit Formula E.

Baca juga : Aktivis Minta KPK Serius Dalami Dugaan Korupsi Formula E

Dikatakan Ali, lembaga antirasuah harusnya cukup memastikan apakah telah terjadi markup dalam pembayaran commitment fee sekaligus memanggil pihak yang bertanggung jawab.

"KPK jangan mengulur-ulur waktu, sudah saatnya seret pihak-pihak yang ikut menikmati aliran dana dugaan korupsi Formula E," ujarnya lagi.

Selain itu, Ali mengkritik misi green racing yang diunggulkan dalam kompetisi Formula E. Kata mereka, green racing Formula E hanya sekedar tagline semata. Faktanya, lanjut dia, ada penebangan pohon di Monas yang gagal dijadikan sirkuit hingga pindah ke Ancol. Kini penggunaan bambu dan kayu menjadi bagian material pembangunan lintasan sirkuit Formula E Ancol.

Baca juga : Aktivis Minta KPK Segera Ungkap Tuyul Formula E

Dia juga berpesan agar Pemprov DKI Jakarta mempertimbangkan skala Prioritas untuk mengatasi banjir Jakarta, dan pengolahan sampah. Bukan malah memaksakan kehendak ajang balap mobil listrik tersebut.

"Kami sangat berharap aktivis lingkungan lantang bersuara mengkritisi konsep green race Formula E," pungkasnya.

Sebelumnya, KPK masih melakukan penyelidikan pengusutan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta. Satu per satu pihak yang dimintai keterangan oleh KPK sudah bermunculan.

Baca juga : Pengamat Dukung KPK Usut Dugaan Korupsi Formula E

Terakhir yang dimintai keterangan oleh penyelidik KPK adalah Prasetio Edi sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta yaitu pada Selasa, (8/2). Prasetio membawa sejumlah dokumen anggaran Formula E ke KPK, baik yang tercantum dalam KUA-PPAS, RAPBD sampai APBD 2019.

Tim penyidik KPK masih terus mengumpulkan bukti-bukti berupa keterangan dan informasi dari pihak-pihak yang dipanggil. "Karena sekali lagi, penyelidikan itu masih mencari peristiwa pidananya," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta belum lama ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.