Dark/Light Mode

KPK Serius Usut Tuntas Dugaan Korupsi Formula E

Kamis, 10 Februari 2022 17:45 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan keseriusannya dalam mengusut kasus dugaan korupsi terkait pelaksanaan ajang balap mobil listrik Formula E di DKI Jakarta.

Keseriusan KPK ditunjukan dengan memanggil sejumlah saksi untuk memberikan keterangan terkait pelaksanaan Formula E ini. Salah satu saksi yang baru dipanggil ialah Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Baca juga : Ketua DPRD DKI Akui Ikut Andil Sahkan Anggaran Formula E

"Tim penyelidik itu masih mengumpulkan bukti-bukti, yaitu apa? Bahan keterangan dan informasi dari pihak-pihak yang dipanggil," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Kamis (10/2).

Keterangan para saksi sangat penting agar dugaan ini bisa terungkap. Meski begitu, Ali belum bisa mempublikasikan atau menjelaskan mengenai materi pemeriksaan penyelidikan Formula E ini. "Karena dalam proses penyelidikan itu tentu ada strategi bagaimana mengumpulkan bahan keterangan," jelasnya.

Baca juga : Kasus Suap PPU, KPK Terus Dalami Dugaan Aliran Dana Ke Partai Demokrat

Selain itu, Ali mengatakan penyelidikan kasus Formula E ini masih mencari peristiwa pidananya. KPK akan menyampaikan perkembangannya kepada masyarakat jika kasus ini telah ditingkatkan ke proses penyidikan.

"Ketika nanti sudah ada peristiwa pidananya berdasarkan bukti permulaan yang cukup, bisa ditingkatkan ke proses penyidikan, baru nanti akan kami sampaikan perkembangannya apakah kemudian ditemukan ada yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, begitu," beber Ali.

Baca juga : KPK Usut Keterlibatan Politisi Lain Dalam Kasus e-KTP

Sebelumnya, Prasetyo Edi Marsudi menyambangi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Selasa (8/2). Kedatangannya untuk memenuhi panggilan pemeriksaan KPK terkait dugaan korupsi dalam pelaksanaan Formula E.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.