Dark/Light Mode

Majukan Kebudayaan, Pelaku Seni Budaya Apresiasi Peluncuran Merdeka Belajar Episode Ke-18

Rabu, 23 Maret 2022 21:47 WIB
Majukan Kebudayaan, Pelaku Seni Budaya Apresiasi Peluncuran Merdeka Belajar Episode Ke-18

 Sebelumnya 
Pelaku Budaya Sumba Timur, Agustinus Dida menyatakan, FBK memberi kesempatan bagi para pelaku kebudayaan dan seniman untuk mengapresiasi budaya daerah mereka masing-masing. "Sebagai penerima manfaat pada tahun 2021, saya mengucapkan terima kasih banyak," tutur Agustinus. 

Sementara Perwakilan Komunitas Kanganga Pusaka Kita yang juga Penerima FBK 2021, Een Saputra menguraikan, sebelumnya organisasinya hanya berkegiatan skala kecil dengan audiens sedikit.

"Namun, melalui FBK, kami bisa melakukan kegiatan berskala besar dan melibatkan banyak audiens. Dampak yang dihasilkan juga jauh lebih besar dibandingkan kegiatan-kegiatan sebelumnya," tutur Een.

Baca juga : Sediakan Sepeda Listrik, Polygon Mendapat Apresiasi Pemerintah Bali

Ketua Yayasan Karacitra Indonesia, Rere Wulandari, ikut memberikan apresiasi pada Kemendikbudristek atas dukungan pada pihaknya sebagai penggiat pelestarian warisan budaya.

"Kini, karya yang dihasilkan adalah keberlanjutan (warisan budaya) Maestro Tenun Grinsing melalui media buku elektronik dan video," ucap Rere.

Sementara penerima FBK 2020, Rizki Lazuardi menguraikan, FBK adalah program penting, di mana dana publik memberi manfaat kembali pada publik, terutama di sektor kebudayaan yang tidak selalu bisa mendapatkan dukungan sektor komersial.

Baca juga : Wujudkan Kedaulatan Digital RI, Telkom Luncurkan Leap

"FBK mengizinkan saya mengarsipkan film-film produksi PFN di masa pendudukan Jepang yang sebelumnya disimpan Belanda, untuk ditransfer kembali ke format aslinya yaitu seluloid 16 mm dan diarsipkan kembali ke lembaga arsip di Indonesia," ungkap Rizki.

Sedangkan Ketua Sanggar Bujang Sebeji Sintang, Sanli Risna menuturkan pentingnya dana abadi bagi pelaku budaya, utamanya di tengah pandemi, supaya kegiatan tetap memiliki pembiayaan.

"Karena kebanyakan pelaku budaya bergerak secara otodidak dan mandiri. Bagi pelaku kebudayaan yang ingin mendaftarkan diri, persiapkan diri secara matang dan serius dalam perencanaan programnya," imbau Sanli.

Baca juga : Lakukan Berbagai Terobosan, PLN Cetak Kenaikan Penjualan Listrik Di 2021

"Bagi kami yang sudah menerima hibah bantuan pemerintah lewat Fasilitasi Bidang Kebudayaan ini, membuat kami sangat bersyukur, senang, dan bangga karena dipercaya untuk mengangkat kebudayaan dan kesenian yang berdampak langsung kepada komunitas adat kami," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.