Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cari Pemimpin Seperti Jokowi, 18 Organ Relawan Deklarasi Aliansi Relawan Nasional RI-1

Jumat, 1 April 2022 22:05 WIB
Deklarasi ARENA RI-1. (Foto: Istimewa)
Deklarasi ARENA RI-1. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delapan belas kelompok relawan yang menamakan diri Aliansi Relawan Nasional RI-1 (ARENA RI-1) resmi mendeklarasikan diri. Deklarasi digelar di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/4).

Ketua Umum ARENA RI-1 Pratiwi Sulistiowati mengatakan, deklarasi ini dalam rangka menyambut pesta demokrasi untuk mencari pemimpin sekaligus sahabat rakyat. “Tujuannya kami nanti mencari dan mendukung sosok Capres di Pilpres 2024 dan seterusnya. Ini penting sekali, karena kita mencari dan mendukung pemimpin yang mampu sebagai bapak, imam, dan sahabat untuk rakyat,” ungkapnya.

Pratiwi menyebut, terbentuknya ARENA RI-1 berkat dukungan dari puluhan organisasi yang punya semangat dan tekad yang sama, yakni menyediakan wadah bagi siapa pun anak bangsa yang berkeinginan maju sebagai Capres 2024. “Siapa pun tokohnya, silakan mendaftar jadi capres. ARENA RI-1 siap bantu dan kawal. Untuk organ relawannya, kita bebaskan. Seharusnya sudah tidak ada lagi isu cebong-kampret atau kadrun. Itu sudah selesai. Jadi, kita terima semuanya, baik kampret atau cebong maupun kadrun kita tampung dan ajak bergabung,” jelasnya.

Baca juga : Jokowi Tegaskan Komitmen Majukan Demokrasi Dan HAM

Dia berharap, lewat ARENA RI-1, nantinya mereka bisa menemukan sosok capres yang setipe, sevisi, dan semisi dengan Presiden Jokowi. Yakni pekerja keras, sederhana, rendah hati, dan bersahabat dengan rakyat.

"Sebab selama 7 tahun ini, rakyat telah merasakan kerja nyata Presiden Jokowi. Salah satunya semakin membaiknya perekonomian dan menurunnya tingkat kemiskinan. Ini konkret. Calon nanti kita harap tidak keluar dari konteks performance beliau,” tutur Pratiwi.

Tokoh perempuan yang menjadi inisiator dan donatur dalam deklarasi tersebut menegaskan, arah dan tujuan ARENA RI-1 dideklarasikan jelas untuk mendukung Capres yang sesuai dengan kriteria Jokowi. "Sementara ini, ARENA RI-1 belum menentukan sikap. Karena kami memilih untuk fokus mengawal dan mendukung program Jokowi sampai 2024 dan kami ARENA-RI1 tetap tegak lurus bersama Jokowi," katanya.

Baca juga : Muhaimin: Terlihat Kalem, Tapi Jagoan Kelola Politik Nasional

Mengenai pendanaan kegiatan, Pratiwi mengatakan, aliansinya dibentuk atas sumbangan dari dana pribadinya. "Seluruhnya berasal dari kocek saya sendiri, tidak melibatkan pihak lain termasuk pengusaha, partai atau kader partai serta pihak mana pun,” tegasnya.

Deklarasi ARENA RI-1 dihadiri ratusan relawan yang datang dari berbagai komunitas, ormas, dan paguyuban dengan tetap mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah. Berikut ini daftar organ yang ikut mendukung deklarasi ARENA RI-1:

1. PPJ (Pejuang Perempuan Jokowi)
2. BRIB (Bersama Rakyat Indonesia Bersatu)
3. RRJB (Rorompak Relawan Jawa Barat)
4. HAWA (Harapan Warga) 
5. JRPM (Jaringan Relawan Pejuang Masyarakat)
6. FIM (Fokus Indonesia Maju)
7. LBN (Laskar Bumi Indonesia) 
8. PARASUT (Pancasila Bicara Satu Tujuan)
9. GMBB (Generasi Muda Batak Berintelektual) 
10. GENASTARA (Gerakan Nasional Nusantara)
11. YSNI (Yayasan Saung Nasionalis Indonesia)
12. LPKP (Lembaga Penelitian Pengkajian Pemerintah)
13. LIDI (Lintas Dinamika)
14. Garda Juang Indonesia
15. Monas Labu 
16. BBM 01 (Barisan Betawi Menangkan 01)
17. BMD (Barisan Muda Demokrasi)
18. GERBUMI (Gerakan Buruh Muslim Indonesia). [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.