Dark/Light Mode

Dipecat IDI

Terawan Di-Back Up Hendro

Sabtu, 2 April 2022 06:55 WIB
Mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono. (Foto: Istimewa).
Mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Menkes, Budi Gunadi Sadikin sudah menyampaikan rencananya memediasi IDI dengan Terawan, untuk menyudahi polemik tersebut. IDI menyambut baik itikad tersebut.

Komisi IX DPR juga akan memanggil IDI menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) pada Senin (4/4) depan. Disebut-sebut, isu pencopotan Terawan juga akan jadi salah satu pokok bahasan.

Baca juga : Tak Jadi Menteri, Terawan Dipreteli

Lalu bagaimana respons IDI terkait rencana dibentuknya ODM? Ketua Umum IDI yang baru, Adib Khumaidi yang dikonfirmasi Rakyat Merdeka tadi malam, enggan berkomentar.

Namun, Ketua IDI Sumatera Utara Ramlan Sitompul tak menolak ide tersebut. Menurutnya, pembentukan ODM adalah kebebasan setiap warga negara yang dijamin Undang-Undang.

Baca juga : Tok! Terawan Dipecat Dari Keanggotaan IDI

“Kebebasan berserikat dan berkumpul dijamin dalam Undang-Undang,” responsnya singkat.

Terkait rencana Menkes yang akan menengahi Terawan dan IDI, Juru bicara Pengurus Besar (PB) IDI dr Beni Satria mengatakan, pihaknya menyambut baik usulan Budi. Akan tetapi, pihaknya tak bisa menentukan sendiri diberlangsungkannya mediasi tersebut, melainkan juga harus atas kesetujuan Terawan.

Baca juga : Nia Ramadhani, Tertawakan Gosip Cerai

Pasalnya, pihak Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK-IDI) telah beberapa kali memanggil Terawan, sebelum putusan pemberhentian ini dikeluarkan. Namun tercatat, dari enam kali panggilan, Terawan (TAP) hanya memberikan empat kali jawaban. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.