Dewan Pers

Dark/Light Mode

Survei Indikator Politik Indonesia

Parpol, Institusi Dengan Tingkat Kepercayaan Terendah

Minggu, 3 April 2022 17:11 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya tentang perkembangan demokrasi di Indonesia. Salah satunya, soal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sejumlah institusi. Hasilnya, tingkat kepercayaan kepada partai politik (parpol) merupakan yang paling rendah.

Dalam survei ini, hanya 6 persen saja responden yang menyatakan sangat percaya dengan parpol. Lalu 38 persen percaya. Sisanya responden menyebut sedikit percaya dan tidak percaya sama sekali.

Berita Terkait : 3 Inisiatif Legislasi Jokowi Didukung Masyarakat Dan Oposisi

"Partai politik itu yang trust hanya kurang lebih sekitar 54 persen. Jadi cukup sedikit. Parpol tingkat trustnya paling rendah. Ini bukan temuan baru, juga terjadi beberapa tahun terakhir," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, saat memaparkan hasil survei secara virtual, di Jakarta, Minggu (3/4).

Menurutnya, hal ini terjadi lantaran ekspektasi masyarakat yang tinggi terhadap parpol, tidak bisa dijalankan dengan baik oleh elit partai. Diingatkan Burhanuddin, hasil itu seharusnya menjadi perhatian serius partai politik. Sebab, wajah demokrasi terdapat dalam partai politik.

Berita Terkait : Elektabilitas Melorot, Prabowo Dipepet Ganjar Dan Anies

"Ada masalah serius, ini yang menurut saya perlu jadi introspeksi untuk parpol, buat DPR buat DPD, karena bagaimana pun wajah demokrasi kita itu mereka," ingatnya.
 Selanjutnya