Dark/Light Mode

Ramadan Momen Terbaik Tingkatkan Kualitas Umat

Kamis, 7 April 2022 23:18 WIB
Ketua Pengurus Besar Mathla`ul Anwar (PBMA) KH Oke Setiadi Affendi. (Foto: Istimewa)
Ketua Pengurus Besar Mathla`ul Anwar (PBMA) KH Oke Setiadi Affendi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia mengungkapkan, Ramadan hendaknya tidak hanya menjadi sukacita bagi umat Muslim sendiri, namun bagi seluruh umat. Ia juga berharap, di bulan suci ini, kaum muslimin dan muslimat dapat menjaga dan menjalin komunikasi yang baik dengan umat lainnya, agar tidak justru menimbulkan prasangka dan perseteruan.

“Tiap detik yang kita lalui di bulan Ramadan ini penuh dengan rahmat. Sehingga harusnya ini pun dirasakan bukan hanya oleh kaum muslimin, tapi oleh semua. Jadi, jangan sampai kemudian mengganggu umat yang lain, dan harus dikomunikasikan dengan cara sebaik-baiknya,” ujar jebolan Master International Institute of Islamic Economic Islamabad Pakistan ini.

Baca juga : Sambut Ramadan, Manzone Dan Setali Gelar Kampanye Baik Untuk Kita

Oke menilai, dewasa ini dalam hubungan antarumat, kurang terjalin komunikasi. Menurutnya, harus ada keterbukaan antar umat untuk menyampaikan aspirasi dan opininya serta saling menjalin silaturahmi sehingga akan muncul rasa saling menghormati antar umat dan persatuan akan terjaga.

“Jadi, yang saya lihat selama ini kaum muslimin ini yang kurang komunikasi. Sehingga perlu dibuka komunikasi yang seluas-luasnya. Saya melihat komunikasi adalah kuncinya. Bukan malah semaunya sendiri. Itu dzalim namanya,” tuturnya.

Baca juga : Lestari: Perbaikan Sisdiknas Tingkatkan Kompetensi Peserta Didik

Oke lalu mengutarakan bagaimana peran Pemerintah dan tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk membuat umat memahami bahwa Ramadan mempunyai makna untuk memerdekakan dan mempersatukan. “Tokoh harus bisa mempersiapkan umat untuk menghadapi Ramadan dengan kondisi sebaik dan seberkualitas mungkin. Tidak hanya di bulan Ramadan tapi juga bulan lainnya, memanfaatkan semua momentum secara maksimal untuk mendorong masyarakat menjadi umat yang berkualitas,” tutur Oke.

Ia juga berpesan kepada masyarakat dan berbagai tokoh untuk dapat memposisikan diri berjalan bersama seirama dengan pemerintah untuk mewujudkan kemerdekaan diri, persatuan dan kerukunan. Tidak hanya dalam bulan Ramadan namun juga bulan lainnya.

Baca juga : Kementan Komitmen Realokasi Anggaran Dan Tingkatkan Kinerja

“Yang paling adalah bagaimana sekarang masyarakat juga ikut menata dirinya bersama pemerintah. Jadi harus bergandengan tangan antara pemerintah, tokoh keumatan dan juga masyarakat. Kalau caranya seperti itu kerukunan dan persatuan itu bisa tercipta di negeri ini,” jelas Oke. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.