Dark/Light Mode

Aksi Mahasiswa Tak Seheboh Yang Digembor-gemborkan

Datang Sepi Pulang Rusuh

Selasa, 12 April 2022 06:35 WIB
Para mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia tumplek blek di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin. Beragam spanduk dibentangkan di pagar Gedung DPR. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).
Para mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia tumplek blek di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin. Beragam spanduk dibentangkan di pagar Gedung DPR. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi para mahasiswa yang digelar kemarin (11-4-2022), tak seheboh yang digembor-gemborkan baik di dunia nyata, maupun di dunia maya. Di awal-awal aksi digelar, massa dari BEM Seluruh Indonesia itu, hanya sepi-sepi saja. Dan, mengecewakannya lagi, saat mau pulang malah rusuh.

Aksi yang katanya akan dihadiri 1.000 orang itu, awalnya diagendakan dimulai pukul 8.00 pagi, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Namun, mereka datangnya ngaret. Sampai menjelang siang, suasana di depan Gedung DPR masih sepi. Lalu lintas juga masih lancar. Hanya ada satu dua orang yang lalu lalang. Itu pun tidak jelas, apakah mahasiswa yang akan aksi atau masyarakat yang hendak bekerja. Sebab, tidak ada yang mengenakan jas almamater.

Baca juga : Istana Bilang Silakan

Hingga menjelang tengah hari, belum ada tanda-tanda para mahasiswa akan menggeruduk kantor Puan Maharani Cs tersebut. Suasana lengang itu, bisa terlihat di sepanjang Jalan Gatot Subroto, dari depan Hotel Sultan, hingga depan pintu utama Gedung DPR. Sepeda motor dan mobil yang melintas bahkan bisa melaju dengan kecepatan di atas 50 kilometer per jam.

Keadaan di depan gerbang Gedung DPR juga sepi. Hanya ada puluhan awak media yang standby di area tersebut untuk meliput aksi. Kendati demikian, kepolisian dari Korps Brimob sudah terlihat berpencar. Antara lain, ada yang disiagakan di bawah Jalan Layang Gerbang Pemuda, ada juga di sekeliling Gedung DPR.

Baca juga : AHY Minta Kader Tak Berkhianat, Demokrat: Tingkatan Soliditas

Menjelang Ashar, para mahasiswa baru berdatangan. Awalnya, mereka berkumpul di Jalan Gerbang Pemuda, di depan Gedung TVRI, Jakarta Pusat. Kemudian, massa berjalan beriringan sembari menyanyikan yel-yel perjuangan.

Mereka mengenakan almamater masing-masing. Massa aksi juga terlihat membawa bendera universitas hingga beragam poster, antara lain penolakan presiden tiga periode hingga kenaikan harga bahan-bahan pokok. Uniknya, poster tersebut dikemas dengan gaya nyeleneh. Contohnya, “Lebih Baik Bercinta 3 Ronde Daripada Harus 3 Periode”. “Lebih Baik 3 Istri Daripada 3 Periode”. Juga 'Minyak Goreng=Keadilan. Mahal'. Dengan percaya diri, mereka berjalan sambil bergandengan tangan.

Baca juga : Produksi Naik Biaya Turun, Holding Perkebunan Untung Sepanjang Tahun

Sejumlah aparat kepolisian tampak mengawal mereka dengan kendaraan bermotor. Aparat juga berjaga di beberapa titik di sekitar kawasan Gedung DPR.

Di depan Gedung DPR, mereka lalu menyampaikan berbagai macam tuntutan. Setelah aksi berjalan hampir satu jam, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menemui para mahasiswa dengan menaiki mobil komando. Para mahasiswa tampak menerima kedatangan Sufmi dan Kapolri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.