Dark/Light Mode

Aksi Mahasiswa Tak Seheboh Yang Digembor-gemborkan

Datang Sepi Pulang Rusuh

Selasa, 12 April 2022 06:35 WIB
Para mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia tumplek blek di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin. Beragam spanduk dibentangkan di pagar Gedung DPR. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).
Para mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia tumplek blek di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin. Beragam spanduk dibentangkan di pagar Gedung DPR. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).

 Sebelumnya 
Namun, saat Sufmi dan Kapolri meninggalkan lokasi, aksi berubah menjadi rusuh. Pemicunya, diduga dari kelompok berpakaian bebas yang baru tiba dari sisi timur Gedung DPR, tapi langsung anarkis. Mereka melemparkan botol berisi batu ke arah gerbang utama Gedung DPR, dan ke arah aparat kepolisian. Teriakan dan imbauan agar tidak terpancing provokasi, tidak dihiraukan.

Massa mahasiswa ikut tersulut. Sebagian ikut melakukan lemparan batu ke mana-mana. Bahkan, ada yang mengarah ke mobil komando yang dinaiki para orator dari mahasiswa. Seorang mahasiswa yang memakai almamater warna hijau, ikut terkena lemparan di kepala, dan langsung dievakuasi temannya untuk menjauh. Begitu juga mobil komando mahasiswa yang sempat dilempari, langsung menjauh ke tempat yang lebih aman.

Baca juga : Istana Bilang Silakan

Sementara, massa dari kelompok berpakaian bebas membakar ban dan benda-benda lain di lokasi. Aparat kepolisian kemudian menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menyayangkan ada kelompok yang memancing di air keruh dalam aksi tersebut. Kata Fadil, tujuan kelompok ini adalah membuat ricuh, bukan berunjuk rasa. "Niatnya bukan untuk unjuk rasa menyampaikan pendapat, tapi memang niatnya untuk membuat kerusuhan," ungkap Fadil, dalam konferensi pers, kemarin.

Baca juga : AHY Minta Kader Tak Berkhianat, Demokrat: Tingkatan Soliditas

Dia menegaskan, timnya akan segera bergerak menindak para pelanggar demonstrasi ini. "Sesuai janji saya, akan menindak tegas siapa saja yang melanggar pelanggaran hukum," imbuh ayah dari anggota Komisi I DPR, Puteri Nahlia itu.

Fadil menyebut, ada dalang yang memerintahkan aksi anarkis ini. Dia berharap, kelompok pelaku ini bisa diungkap. "Siapa yang menjadi dalang dan memerintahkan ini semua terjadi. Mudah-mudahan kelompok pelaku ini bisa segera kita ungkap," tekannya.

Baca juga : Produksi Naik Biaya Turun, Holding Perkebunan Untung Sepanjang Tahun

Wakil Ketua MPR Arsul Sani ikut mendorong kepolisian segera menangkap dalang yang membuat kerusuhan di aksi itu. “Sejumlah kelompok yang belum diketahui melakukan kerusuhan, ini yang harus dituntaskan oleh Polri,” ucap politisi senior PPP ini. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.