Dewan Pers

Dark/Light Mode

Untuk Memecah Kepadatan Arus Mudik

Pemerintah Izinkan ASN Ambil Cuti Tambahan

Rabu, 13 April 2022 23:21 WIB
Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)
Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) diperbolehkan mengambil tambahan cuti tahunan sebelum dan sesudah cuti bersama. Namun, ketentuan pemberian cuti diserahkan sepenuhnya pada kewenangan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi.

"Disesuaikan dengan beban kerja, sifat dan karakteristik tugas masing-masing instansi Pemerintah," kata Menteri Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/4).

Menurutnya, kebijakan ini menyikapi permohondan dari Kepolisian dan Kementerian Perhubungan agar ANS diperbolehkan untuk menambah Cuti Tahunan sebelum atau sesudah Cuti Bersama. Hal ini dimaksudkan agar dapat membantu memecah padatnya arus mudik pada saat periode cuti bersama Idul Fitri.

Berita Terkait : HNW Minta Pemerintah Perjuangkan Kuota Terbaik

Kemudian, berkaitan dengan boleh atau tidaknya mudik bagi Pegawai ASN, pada dasarnya arahan Presiden Jokowi telah memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan mudik Idul Fitri dengan beberapa persyaratan perjalanan.

"Pegawai ASN juga dapat diperbolehkan mudik, sepanjang memenuhi protokol perjalanan dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Covid-19 dan/atau Kementerian/Lembaga terkait lainnya," jelasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yang mengatur perubahan hari libur nasional dan cuti bersama 2022. Perubahan SKB ini mengatur cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1443H. Adapun cuti bersama yang ditetapkan adalah 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022.

Berita Terkait : Ace Desak Pemerintah Gercep Minta Tambahan Kuota Haji

Cuti bersama tertuang dalam keputusan bersama Menteri Agama No. 375/2022, Menteri Ketenagakerjaan No. 1/2022 dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 1/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PANRB No. 963/2021, No. 3/2021, dan No. 4/2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2022.

Dalam SKB yang ditandatangani pada 7 April 2022 ini, hari libur nasional tahun 2022 yang sebelumnya telah ditetapkan tidak ada perubahan. (MRA)

 

Berita Terkait : Airlangga: Selama Ramadan, Pemerintah Tetap Jalankan Strategi Pengendalian Pandemi