Dark/Light Mode

Bazar Perempuan Golkar

Airlangga Pastikan Pemerintah Jaga Pasokan Pangan Selama Ramadan

Minggu, 27 Maret 2022 20:12 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum IIPG Yanti Airlangga memantau Bazar yang digelar di Kompleks Gedung DPP Partai Golkar 26-27 Maret 2022. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum IIPG Yanti Airlangga memantau Bazar yang digelar di Kompleks Gedung DPP Partai Golkar 26-27 Maret 2022. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut bulan suci Ramadan, Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) dan Organisasi Perempuan Partai Golkar di antaranya, KPPG, AMPG, Pengajian Al Hidayah, IIFPG, dan HWK menggelar Bazar dengan bertema Menebar Kasih Sayang Menjelang Ramadan di Kompleks Gedung DPP Partai Golkar 26-27 Maret 2022.

"Alhamdulillah atas inisiatif Perempuan Partai Golkar kegiatan ini bisa diselenggarakan. Semoga ibu-ibu, masyarakat di sekitar Kantor DPP Partai Golkar bisa berpartisipasi dan semoga acara bazar ini bermanfaat untuk ibu-ibu sekeluarga," kata Airlangga saat memberi sambutan di lokasi acara, Minggu (27/3).

Dalam kesempatan itu, Airlangga dan istrinya yakni Ketua Umum IIPG Yanti Airlangga menyempatkan diri untuk menyerahkan simbolis kantong ramah lingkungan untuk dipergunakan warga membawa pulang produk-produk bazar yang tersedia.

Tak hanya mendampingi warga memilih barang untuk dibawa pulang-termasuk paket sembako dari Golkar, Airlangga dan istrinya juga menyempatkan diri menyambangi puluhan stand produk UMKM yang meramaikan bazar kali ini dan membeli produk hampir dari setiap stand.

Baca juga : Pemerintah Jamin Pasokan Pangan Di Bulan Ramadan

Saat ditanya wartawan mengenai kondisi harga bahan pokok jelang Ramadan, Airlangga yang menjabat Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia ini memastikan bahwa pemerintah terus melakukan pemantauan.

"Memang perang (Rusia-Ukraina, red) kemarin, salah satu transmisinya ke Indonesia itu pada harga komoditas. Baik itu BBM, energi, dan pangan," kata Airlangga.

Terkait pangan, kata Airlangga, telah terjadi disrupsi terhadap minyak goreng termasuk yang dari Eropa, tapi pemerintah telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

"Per Februari 2022, telah terjadi deflasi. Sementara tingkat inflasi kita sedikit di bawah 2. Sedangkan yang di APBN 3+- 1 persen jadi sebetulnya masih ada ruang. Nah, tentu kita melakukan banyak perlindungan sosial agar daya beli masyarakat tetap terjaga," tutur Airlangga.

Baca juga : Pemerintah Belum Bayar 21 T, Kasian Dong Rumah Sakit Ya!

Turut mendampingi Airlangga dan istrinya dalam kesempatan itu di antaranya Sekjen DPP Partai Golkar yang juga Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus, Anggota DPR Fraksi Golkar Idris Laena dan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman.

Sebagai informasi, bazar ini dipersembahkan untuk 1000 warga dari 2 RW di sekitaran lingkungan DPP Partai Golkar dan 200 staf dan karyawan. Adapun barang-barang yang ada di bazar adalah sembako, perlengkapan dapur, perlengkapan sekolah, pakaian dan mainan anak.

Karena kondisi pandemi yang masih belum berkahir, kegitan bazaar dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan. Bagi warga yang akan menukarkan voucher bazar diharuskan memakai masker dan melakukan swab antigen yang sudah disediakan oleh panitia.

Selain bazar untuk warga, disediakan juga bazar untuk pengurus dan anggota IIPG serta Organisasi  Perempuan Partai Golkar di seluruh Indonesia. Bazar dilakukan secara hibrid (offline dan live shopping).

Baca juga : Satgas Pangan Polri Pastikan Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Ramadan

Barang-barang yang diperjual belikan adalah hasil UMKM terpilih binaan Organisasi Perempuan Partai Golkar dan UMKM warga sekitar lingkungan DPP Partai Golkar.

Menurut Ketua Panitia Tina Maman, bazar kali ini merupakan kepedulian perempuan partai Golkar kepada masyarakat. Golkar menyadari, menjelang Ramadan bulan yang penuh berkah, banyak warga yang masih merasa kesulitan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

"Karena itu, momentum ini kami gunakan untuk menebar kasih dan sayang dengan menggelar bazar. Bazar ini terlakasana berkat support dari Ketua Umum IIPG, Ibu Yanti Airlangga dan seluruh pengurus IIPG dan Perempuan Partai Golkar yang bahu membahu serta sangat kompak dalam menyiapkan acara ini," papar Tina.

Bazar ini juga dimeriahkan lomba masak nasi goreng dan merangkai bunga yang pesertanya merupakan perwakilan dari masing-masing RT di lingkungan DPP Partai Golkar. Selama bazar berlangsung, seluruh peserta bazar akan dihibur dengan penampilan Geronimo Band dan Ruby line dance (grup line dance ibu-ibu IIPG). [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.