Dark/Light Mode

KRI Teuku Umar-385 Tolong 10 Nelayan Yang Kapalnya Terbakar Di Teluk Jakarta

Jumat, 15 April 2022 17:35 WIB
Kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 terbakar di perairan Teluk Jakarta, Kamis (14/4). (Foto: Antara)
Kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 terbakar di perairan Teluk Jakarta, Kamis (14/4). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 terbakar di perairan Teluk Jakarta, Kamis (14/4). Sebanyak 10 awak di kapal tersebut ditolong personel KRI Teuku Umar-385 yang tengah beroperasi patroli keamanan dan kedaulatan di laut.

Komandan KRI Teuku Umar-385, Letnan Kolonel Laut (P) Faisal Yanova Tanjung mengatakan,proses evakuasi di mulai saat pihaknya melihat kepulan asap dari kejauhan lalu. KRI Teuku Umar-385 lalu mendekati dan mengidentifikasi kapal itu dengan cara kontak secara visual.

Baca juga : Mall Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar

Saat didekati, KM Angke Jaya 2 terbakar cukup besar. Mencapai 80 persen. Kondisi ini membuat KRI Teuku Umar-385 tidak dapat berbuat banyak untuk memadamkan api.

"Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi," kata Tanjung, seperti dikutip Antara, Jumat (15/4).

Baca juga : Jadi Pemain Global, Pertamina Layani Bahan Bakar Di Selat Malaka

Ke-10 awak kapal yang merupakan nelayan itu kemudian diperiksa kesehatannya sebelum dititipkan pada kapal ikan lain, KM Blessing 03, yang melintas di sekitar lokasi kejadian menuju Pelabuhan Muara Angke, Jakarta.

Usai menitipkan ke-10 awak kapal ke KM Angke Jaya 2 yang terbakar itu, KRI Teuku Umar-385 melanjutkan patroli menuju sektor operasi yang telah ditentukan. Mengenai penyebab kebakaran dan perkiraan besarnya kerugian, masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Baca juga : PUPR Berupaya Kurangi Kawasan Kumuh Di Jayapura

Panglima Komando Armada I TNI AL Laksamana Muda Arsyad Abdullah mengapresiasi upaya pertolongan oleh jajarannya itu. Sesuai instruksi Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono, agar keberadaan TNI AL, di mana saja harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, terutama masyarakat pengguna laut.

"Prajurit TNI AL jangan ragu-ragu memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada termasuk sistem kesenjataannya, guna kepentingan kemanusiaan," kata Abdullah. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.