Dark/Light Mode

Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Ironi Tragis Dunia Global, Pelanggaran HAM Cepat Direspon, Kecuali Soal Israel

Minggu, 17 April 2022 15:37 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyayangkan sikap negara-negara Eropa dan Amerika Serikat (AS), yang berteriak lantang dalam kasus agresi Rusia ke Ukraina. Mereka bahkan cepat memberi sanksi.

Negara-negara pengusung HAM - termasuk lembaga dan forum-forum agama yang mengusung perdamaian - juga disebutnya bisu saat menghadapi serangan Israel. Seolah serangan demi serangan dianggap lumrah.

Begitu juga penyuara anti radikal dan anti terorisme. Tak garang menyikapi tindakan Zionis Israel.

Baca juga : Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Masuk Top 100 Ilmuwan Sosial di Indonesia

Hal ini disampaikan Haedar, merespons aksi biadab tentara Israel di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Jumat (15/4) menjelang shalat Subuh.

“Lembaga-lembaga dan para aktivis HAM di seluruh dunia pun nyaris bisu. Bila ada satu peristiwa dengan korban kecil di suatu negara, selalu mudah menjadi isu dunia sebagai pelanggaran HAM. Namun, tidak berlaku bagi Israel," tegas Haedar.

Haedar pun menyebut fenomena itu sebagai ironi tragis dunia global saat ini. Padahal sejatinya, serangan demi serangan Israel terhadap wilayah dan bangsa Palestina sama dengan menyerang brutal dan menghancurkan peradaban dunia.

Baca juga : Iriana Jokowi: Perempuan Harus Berjuang Demi Kemajuan Bangsa

"Karena yang diserang ialah manusia, kebebasan, hak, dan eksistensi hidup sebuah bangsa, yang semestinya menikmati kemerdekaannya secara leluasa,” imbuhnya.

Dia lantas mempertanyakan konsistensi negara-negara besar dunia dan lembaga HAM yang masih saja membiarkan Israel untuk menyerang, menyerbu, menginvasi, mengaresi, dan menindas bangsa lain.

Haedar kemudian membandingkan dengan kejadian di Irak era Saddam Hussein menginvasi Kuwait. Menurutnya, ketika itu negara-negara sekutu Eropa sigap menghancurkan Irak hingga nasibnya nesta sampai saat ini.

Baca juga : Jokowi Tegaskan Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM Berat Dengan Prinsip Keadilan

Begitu pun bila ada invasi atau pelanggaran HAM berat di suatu negara. Banyak suara menentang dan mengecam.

“Namun Israel kekecualian. Inilah nestapa dan kelumpuhan peradaban dunia modern saat ini!” tandasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.