Dark/Light Mode

IMCC: Tujuan Utama NII Memang Untuk Gulingkan Pemerintah

Selasa, 19 April 2022 20:09 WIB
Densus 88 Anti Teror. (Foto: Ist)
Densus 88 Anti Teror. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kata dia, aktivitas jaringan NII yang berkiblat ke Kartosuwiryo tergolong berbahaya. "Bisa jadi motifnya selain mempertahankan negara Islam yang pernah diproklamasikan pada 7 Agustus 1949, juga ada motif balas dendam. Karena pemimpinnya Kartosuwiryo dihukum mati oleh pemerintah Indonesia," paparnya.

Menurut pemegang gelar Master Strategi di Rajaratnam School of International Studies-Nanyang Technological University (RSIS-NTU) Singapura itu, NII ini gerakan politik yang tujuan utamanya menggulingkan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Baca juga : Efek Pratama Arhan, PSIS Semarang Digandrungi Talenta Muda

"Yang menjadi perhatian aparat ketika diinterogasi adalah gerakan revolusinya dengan menggunakan golok. Mereka merekrut banyak ahli pembuat golok. Sebab kalau golok itu tidak dilarang pembuatannya ketimbang membuat senjata api," papar dia.

Sebelumnya, Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebut kelompok teroris Negara Islam Indonesia (NII) Sumatera Barat berniat menggulingkan pemerintah sebelum Pemilu 2024 berlangsung.

Baca juga : Banjir Produk Impor, UMKM Dan IKM Butuh Bantuan Pemerintah

Hal itu terungkap dari hasil pemeriksaan dan pengembangan 16 tersangka teroris yang ditangkap di Sumbar pada Maret lalu. NII Sumbar memiliki banyak rencana.

Termasuk, serangan teror yang diawali dengan mempersiapkan senjata tajam (disebut golok) dan juga mencari para pandai besi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.