Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

55 Jaksa Baru Diminta Perkuat Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Ketua KPK: Penegakan Hukum Bukan Persaingan Dan Pertikaian

Rabu, 20 April 2022 20:45 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, Alexander Marwata, dan Nawawi Pamolango memberikan pembekalan kepada 55 jaksa baru KPK. Dalam pertemuan ini, pimpinan KPK menyampaikan pesannya untuk memperkuat orkestrasi pemberantasan korupsi.

"Semua pihak memiliki tanggung jawab pemberantasan korupsi. KPK bersyukur karena pemberantasan korupsi berjalan efektif, sebab semua aparat penegak hukum bisa bekerja sama. In harmonia progressio, pemberantasan korupsi dengan harmoni," ujar Ketua KPK Firli Bahuri, Rabu (20/4).

Dalam pembekalan ini, purnawirawan polisi bintang tiga ini juga menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam pemberantasan korupsi. "Inilah yang KPK gelorakan dan disebut sebagai Orkestrasi Pemberantasan Korupsi," imbuhnya.

Baca juga : Perkuat Pemberantasan Korupsi, KPK Terima 43 Jaksa Baru

Dia memaparkan perlunya orkestrasi dalam pemberantasan korupsi untuk membangun budaya antikorupsi. Sehingga, para aparat penegak hukum alias APH, satu suara untuk membuka sebuah kasus.

Juga, punya satu keberanian untuk membongkar serangkaian kejahatan, dan satu kejujuran untuk menutup kesempatan pencurian uang rakyat.

Pada pembekalan ini Firli juga menyampaikan pesan Jaksa Agung ST Burhanuddin, yang menegaskan bahwa para jaksa yang dikirim ke KPK akan ditempatkan di kawah candradimuka.

Baca juga : Perindo Apresiasi Pernyataan Tegas Jokowi Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Maka, jika kembali ke Kejagung, mereka diharapkan sudah siap tempur memperkuat jajaran Korps Adhyaksa dalam pemberantasan korupsi.

Pembekalan ini merupakan lanjutan penerimaan 55 Jaksa baru yang ditugaskan di KPK. Penerimaan ini telah melalui proses rekrutmen dan seleksi sejak tahun 2021.

Pada akhir sambutannya, Firli juga menyampaikan bahwa penegakan hukum bukan persaingan dan pertikaian. "Bukan pula terkait siapa yang lebih unggul atau lebih hebat. KPK tidak perlu pula kebakaran jenggot, merasa ganjil karena prestasi Kejaksaan RI," sebut Firli.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.