Dark/Light Mode

Ketua KPK: Pemberantasan Korupsi Tidak Akan Berhasil Tanpa Peran Anak Bangsa

Jumat, 4 Maret 2022 23:26 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengajak semua pemangku kepentingan, serta kamar kekuasaan, untuk terlibat dalam upaya pemberantasan korupsi. Menurutnya, pemberantasan korupsi tidak akan berhasil tanpa keterlibatan setiap anak bangsa.

"Kita paham pemberantasan korupsi tentu tidak akan berhasil guna dan berdaya guna tanpa peran serta setiap anak bangsa, tanpa melibatkan seluruh kamar-kamar kekuasaan,” ujar Firli saat menjadi keynote speaker di acara Kick Off G20 Anti Corruption Working Group, disiarkan di akun Youtube KPK RI, Jumat (4/3).

Baca juga : Kemenag Segera Lakukan Penguatan Peran Masjid

Dia menegaskan, pemberantasan korupsi harus melibatkan seluruh kamar kekuasaan baik itu legislatif, eksekutif, yudikatif, serta partai politik. Hal itu bertujuan demi membebaskan Indonesia dari praktek, bentuk, jenis, serta rupa korupsi.

Untuk memaksimalkan upaya pemberantasan korupsi, Firli menyebutkan empat hal yang bisa diangkat dalam diskusi di forum G20.

Baca juga : Heroik, Perjuangan WNI Tinggalkan Ukraina Saat Pertempuran Sengit

Bidang pertama, strategi pendidikan masyarakat, di mana KPK menawarkan peningkatan partisipasi publik dan pendidikan anti korupsi.

Selanjutnya, bidang kedua, yakni pencegahan melalui pemberdayaan serta peningkatan peran serta audit demi mencegah sekaligus memberantas korupsi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.